Antusiasme Wall Street Naikkan Saham Asia

Seorang pialang memakai kostum tradisional di Bursa Saham Tokyo
Sumber :
  • AP Photo/Katsumi Kasahara

VIVAnews - Keceriaan para trader di Wall Street atas naiknya indeks-indeks harga saham dini hari tadi juga berimbas kepada pelaku pasar saham di Asia. Bursa-bursa saham utama di kawasan ini turut mengalami kenaikan indeks.

Dalam transaksi Rabu sore, indeks Nikkei 225 di Jepang naik 201,07 poin (2 persen) menjadi 10.088,96. Dengan demikian indeks Nikkei kembali menembus 10.000 setelah hampir sebulan berada di bawah.

Indeks ASX/S&P 200 naik 1,1 persen menjadi 4.555,30. Indeks Kospi di Korea Selatan (Korsel) menguat 0,9 persen menjadi 1.704,67 dan indeks di Singapura naik 1,2 persen. Bursa-bursa di Hong Kong, China, dan Taiwan hari ini tutup karena libur.

Sejumlah laporan di AS membuat para investor di Asia, seperti halnya di Wall Street, untuk sementara mengesampingkan perhatian mereka dari krisis keuangan Eropa. Para trader antusias mendengar laporan bertambahnya produksi pesawat buatan Boeing Co. dan proyeksi mengenai naiknya permintaan produk komputer.

Sektor industri di AS kali ini membawa pengaruh positif bagi sentimen di pasar saham. Saham Boeing melaju 4,1 persen setelah produsen pesawat terbang terkemuka Amerika itu mengungkapkan naiknya produksi armada pesawat tipe 737 setelah tingkat pesanan bertambah.

Selain Boeing, saham industri yang tak kalah berpengaruh, Illinois Tool Works Inc. naik 2,5 persen setelah produsen peralatan itu menaikkan target pendapatan untuk triwulan kedua tahun ini.

Saham-saham teknologi turut mendorong kenaikan indeks di Wall Street setelah International Data Corp. menaikkan proyeksi tingkat pengiriman komputer personal (PC) di tahun ini. Pada April lalu, proyeksi kenaikan hanya 15 persen, namun IDC kali ini merevisi jadi hampir 20 persen.

Data itulah yang membuat para trader memborong saham teknologi. Saham Microsoft naik 4,3 persen dan Hewlett Packard 2,4 persen. (Associated Press) (sj)

Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang
 Aghniny Haque

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, akan resmi tayang di bioskop Tanah Air pada 22 Mei 2024. Sebelumnya, film tersebut mendapat sambutan positif di Jakarta Film Week.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024