Awal Mei, Utang RI Tembus Rp1.694 Triliun

Rupiah di Bank Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Irwin Fedriansyah

VIVAnews - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan posisi utang Indonesia hingga awal Mei 2010 tercatat mencapai US$184,7 miliar atau Rp1.694,49 triliun. Sebagian besar utang tersebut berasal dari utang pemerintah.

"Utang pemerintah dan bank sentral US$109 miliar dan swasta US$75,7 miliar," kata Deputi Direktur Direktorat Internasional BI, Dian Ediana Rae di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat 18 Juni 2010.

Menurut Dian, Indonesia saat ini dianggap lebih mudah untuk memperoleh pinjaman dari luar negeri. Hal itu tidak terlepas dari naiknya peringkat country risk Indonesia dari sebelumnya posisi lima ke posisi empat.

"Jadi, persepsi orang ke Indonesia bisa baik, sehingga banyak yang pinjamkan ke Indonesia, khususnya kepada sektor Usaha Kecil Mikro dan Menengah," kata Dian.

BI mencatat, makin mudahnya dana luar masuk ke Indonesia terbukti dari rencana akan masuknya pinjaman Bank Exim Amerika Serikat ke Indonesia. Sayangnya, Dian belum mau menjelaskan lebih jauh mengenai masuknya dana segar tersebut. (hs)

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju
Langit Yunani (Doc: X)

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Media sosial dibanjiri dengan gambar-gambar oanye langit di Ibu Kota Yunani yang membuat penduduk setempat dan wisatawan tercengang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024