Selalu Waspada di Jalan dan Patuhi Peraturan

Arus Balik Lebaran 2023 Tol Cikampek Utama.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Tekno – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1.835.043 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada hari-H sampai H+7 Lebaran tahun ini.

Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti Garis Marka Jalan Berwarna Kuning dan Putih

Jumlah kumulatif tersebut dipantau dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Total kendaraan yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 45,56 persen jika dibandingkan lalin normal dengan total 1.260.693 kendaraan.

Hari Kedua di Sultra, Jokowi Akan Resmikan Inpres Jalan Daerah

Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2022, total volume lalu lintas ini meningkat 3,93 persen dengan total 1.765.622 kendaraan.

Jumlah kendaraan yang telah kembali ke Jabotabek tersebut telah mencapai 89,3 persen dari prediksi arus balik sebesar 2 juta kendaraan pada periode hari-H hingga H+8.

Pemda DKI Jakarta Bakal Tutup 34 Ruas Jalan saat BTN JAKIM 2024, Ini Daftarnya

Dengan demikian, diprediksi masih ada sebanyak 10,7 persen atau sekitar 219.929 kendaraan yang belum kembali ke Jabotabek dan diperkirakan tidak mempengaruhi kepadatan lalu lintas yang akan berjalan normal seperti sedia kala.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan pemerintah fokus mewujudkan pelaksanaan mudik dan balik Lebaran dengan aman, nyaman, dan berkeselamatan.

"Tentunya keselamatan jadi perhatian kita, bahwa safety adalah nomor satu," kata dia, melalui keterangan resminya, Sabtu, 6 Mei 2023.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono memastikan bagaimana pelayanan dan pengamanan di sisa periode arus balik Lebaran konsisten dilakukan.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada di jalan dan senantiasa mematuhi peraturan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya