Antam dan Danareksa Tertarik Garap Inalum

Mustafa Abubakar
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) telah mengajukan lamaran terkait rencana pengambialihan saham Inalum jika pemerintah memutuskan kontrak dengan investor Jepang. 

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Selain itu, PT Danareksa (Persero) juga sudah mengajukan lamaran untuk bisa menyediakan sumber pendanaan.

"Antam sudah mengirim surat. Danareksa sudah mengirim surat dan sama-sama melamar," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Menurut Mustafa, selain kedua perusahaan tersebut, sebenarnya PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) juga menyatakan berminat untuk ikut membiayai pembelian saham Inalum. Namun sampai saat ini, PPA belum mengirimkan surat lamarannya.

Sampai kini, lanjutnya, hanya Antam yang benar-benar serius menggarap bisnis Inalum. Bahkan, pemerintah berencana untuk menyiapkan sumber pendanaan pembelian saham dari BUMN Fund, selain pembiayaan dari Danareksa dan PPA. "Sementara ini Antam yang terdepan," kata dia.

Dengan banyaknya minat BUMN terlibat dalam bisnis Inalum, kementerian mengaku belum memutuskan pembentukan konsorsium BUMN. Kementerian akan menunggu terlebih dahulu proposal bussines plan dalam jangka waktu 10 hari mendatang yang berisi skema kepemilikan 100 persen saham Inalum oleh Indonesia.

"BUMN kita semakin mantap, mudah-mudahan 100 persen untuk Indonesia," kata Mustafa. (kd)

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024