Dana Aspirasi Senator Dibawa ke Paripurna DPD

Anggota DPD Jhon Pieris (Maluku) dan La Ode Ida (Sulawesi Tenggara)
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Dewan Perwakilan Daerah tak mau kalah dengan mitranya di Amerika Serikat dan Filipina. Mereka sepakat membawa usulan Dana Aspirasi yang bernama resmi Subsidi Program Percepatan Pembangunan Daerah ke paripurna DPD 13 Juli 2010.

"Nanti malam kami rumuskan mekanismenya, besok mungkin sudah bisa kita sampaikan," kata Ketua Komite IV DPD, Jhon Pieris.

Usulan Dana ini, kata Jhon, tidak merujuk pada usulan Fraksi Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat. "Ini sebagaimana di Amerika, Brasil, dan Filipina. Senator memiliki hak seperti ini. DPD sebagai wakil daerah yang justru berwenang," ujar Jhon.

Meski bukan dukungan DPD kepada Golkar, tapi mekanisme yang akan diusulkan mirip dengan usulan partai beringin itu. "Artinya, DPD tidak pegang, DPR tidak pegang, tapi nanti dialokasikan ke daerah penempatannya," ujar Jhon.

Jhon mencontohkan, di Maluku, banyak sekolah yang hanya memiliki satu guru. "Ini nanti untuk program seperti itu, memenuhi kebutuhan guru," kata Jhon yang terpilih dari Maluku itu. (sj)

Viral Penjual Martabak Beli Rumah Pakai Uang Koin, Ternyata Nabungnya Butuh Waktu Segini
Presiden terpilih Prabowo Subianto di Rakornas PAN

PAN Doa Dapat Jatah Menteri Paling Banyak, Prabowo: Masuk Itu Barang!

Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto menyebut doa politik mengenai jatah kursi menteri yang disampaikan Saleh Daulay sangat kreatif. 

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024