29 Juni 1974

Isabel Peron Memimpin Argentina

Isabel Martínez de Perón, Mantan Presiden Argentina
Sumber :
  • sify.com

VIVAnews - Pada 36 tahun yang lalu, pertama kali dalam sejarah, Argentina memiliki seorang perempuan presiden. Dia adalah Maria Estela Isabel Martinez de Peron.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa Isabel sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden sekaligus berstatus istri ketiga bagi Presiden Juan Peron. Namun, suaminya yang telah berusia 78 tahun terus menderita sakit bronkitis dan flu yang parah sehingga tak lagi tampil di depan publik selama dua pekan.

Tak bisa lagi memimpin, Peron lalu menyerahkan tugasnya sebagai presiden kepada Isabel, yang hanya berpengalaman sebagai penari kabaret. Maka, selain sebagai perempuan presiden pertama bagi Argentina, Isabel di usianya yang ke-43 tahun waktu itu juga berstatus pemimpin termuda di kawasan Amerika Latin.

Dikenal dengan julukan "Isabelita," Isabel kesulitan memimpin Argentina yang saat itu didera kesulitan ekonomi sekaligus konflik politik dan sosial. Kepresidenan Isabel pun hanya bertahan dua tahun. Pada 1976, dia terjungkal oleh kudeta militer pimpinan Jorge Rafael Videla.

Meski menjadi presiden, Isabel pun di mata rakyat dianggap kurang populer ketimbang istri kedua Peron, Evita. Namun, Evita tidak pernah menjadi presiden dan wafat akibat kanker pada 1952.

Menag Ingatkan Umat Islam soal Perjuangan Politik Pemilu 2024 Sudah Selesai
Honri Boma EV

Mobil Listrik Ini seperti Replika Alphard Mini, Harga Murah Meriah

Toyota Alphard menjadi mobil MPV premium dengan bodi bongsor, kini ada mobil yang mereplikanya dengan ukuran lebih kecil. Yakni, mobil listrik Honri Borna asal China.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024