Gwyneth Paltrow Perlu Sering Berjemur

Gwyneth Paltrow
Sumber :
  • corbis.com

VIVAnews - Jangan remehkan manfaat vitamin D bagi tubuh. Baru-baru ini, bintang Hollywood Gwyneth Paltrow menderita osteopenia tahap awal, yakni penyakit melemahnya kekuatan tulang yang biasanya menyerang wanita usia lanjut.

Paltrow merasakan tulangnya rapuh. Meski gaya hidupnya sehat, kondisi yang dialami Paltrow diduga kuat akibat rendahnya asupan vitamin D. “Ini semua terjadi karena kadar vitamin D dalam tubuh saya terlalu rendah,” katanya.

Mungkin Paltrow harus sering berjemur untuk mencukupi kebutuhan vitamin D. Sinar matahari merupakan sumber utama vitamin D. Sebab, paparan sinar matahari akan merangsang kulit untuk memproduksi vitamin D.

Selain melalui paparan sinar matahari, kandungan vitamin D dalam tubuh dapat ditingkatkan melalui konsumsi susu, yogurt, telur, salmon, dan multivitamin lain. Kecukupan vitamin D penting karena perannya membantu tulang menyerap kalsium.

Wanita yang sehat dianjurkan mendapatkan asupan vitamin D sedikitnya 200-800 IU per hari. Namun, angka ideal kecukupan vitamin D tersebut masih menjadi perdebatan.

Jika tidak yakin asupan vitamin D yang Anda konsumsi sudah cukup, bisa dideteksi dengan melihat tanda-tanda tubuh seperti mudah sakit otot atau otot terasa lemah, dan nyeri tulang. Jangan anggap remeh sinyal-sinyal berbahaya ini. Ini bisa jadi sebagai peringatan.

“Tapi cara pasti untuk mengetahui jika Anda kekurangan vitamin D adalah melakukan tes darah,” kata Kathleen Fairfield, MD, seorang peneliti vitamin di Portland, Maine. (adi)

Baca juga: Jangan Sepelekan Manfaat Sinar Matahari

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024