Wanita Lebih Cerdas di Masa Subur

Wanita Energik
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Penelitian yang dipimpin oleh Belinda Pletzer dari Universitas Salzburg Austria menyatakan, ukuran otak wanita meningkat selama masa subur. Volume otak meningkat sebanyak dua persen lebih besar sepanjang siklus mentruasi.

Studi menganalisis pindai otak wanita selama siklus bulanan. Pada wanita yang tidak minum pil kontrasepsi, terdapat peningkatan volume zat abu-abu di area gyri Parahippocampalis dan fusiform kanan. Bagian otak ini terlibat dalam lokasi spasial dan pengenalan wajah.

"Peningkatan volume otak mendongkrak kemampuan wanita untuk mengenali wajah, tubuh, dan lanskap," kata Pletzer seperti dikutip dari Idiva. Bahkan, saat memasuki masa ovulasi wanita mampu mencari pasangan yang berkualitas tinggi.

Hasil studi ini dipublikasikan dalam Jurnal Brain Research ini lebih lanjut mengungkap bahwa kemampuan ini hanya bersifat jangka pendek mengikuti siklus ovulasi. Sebab setelah ovulasi, kadar progesteron menyebabkan volume abu-abu di otak kiri menyusut kembali.

Sementara itu, pil kontrasepsi mempengaruhi hippocampus lebih besar dan otak mengecil. Perbesaran hippocampus berkaitan dengan memori dan gerakan, dibandingkan dengan otak dengan fungsi kontrol. "Pil kemungkinan menyebabkan wanita memiliki perilaku khas yang berlebihan seperti kemampuan bahasa dan memori superior." (umi)

Gia Akhiri Kontrak dengan Jakarta Pertamina Enduro
Pelatih PSG, Luis Enrique bersama Kylian Mbappe

Pengakuan Pelatih PSG Usai Gagal ke Final Liga Champions

Pelatih Paris Saint Germain (PSG) Luis Enrique mengakui timnya kurang beruntung setelah disingkirkan Borussia Dortmund pada babak semifinal Liga Champions

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024