Ballon d'Or & Pemain Terbaik Dunia, Dilebur

Sepp Blatter
Sumber :
  • BBC

VIVAnews - Penghargaan Pemain Terbaik Eropa (Ballon d'Or) dan Pemain Terbaik Dunia versi FIFA akan digabungkan. Keputusan ini diambil setelah FIFA selesai menggelar pertemuan dengan wakil majalah France Football.

France Football selama ini memang menjadi pihak penyelenggara rutin dari Ballon d'Or. Seperti yang dilansir yahoosport, dengan digabungnya dua penghargaan ini maka penghargaan ini akan punya sebutan baru yakni FIFA Ballon d'Or.

Ballon d'Or atau Golden Ball awalnya diberikan untuk pemain terbaik yang membela klub-klub Eropa dengan suara dari jurnalis. Namun sejak 2007, penghargaan ini tak menutup kemungkinan diberikan kepada pemain yang dianggap terbaik di seluruh belahan dunia.

Sedangkan Pemain Terbaik versi FIFA mulai diadakan pada 1991 yang ditentukan dari suara pelatih dan kapten tim nasional. Penghargaan ini juga diberikan buat pemain terbaik di seluruh dunia oleh federasi tertinggi sepakbola itu.

"Pemenangnya adalah sepakbola karena terhitung Januari tahun depan kami hanya akan memberikan satu trofi kepada pemain terbaik di dunia dan ini akan menjadi Golden Ball," ujar Presiden FIFA Sepp Blatter di acara konfrensi pers usai pertemuan.

Blatter juga menambahkan jika kesepakatan antara FIFA dan France Magazine ini akan berlaku hingga Piala Dunia berikutnya di Brasil. Dengan kata lain, penggabungan dua penghargaan individu ini hanya akan berlangsung empat tahun.

Kesepakatan ini ditandatangani langsung Blatter dengan Presiden Amaury Sport Organisation, Marie-Odile Amaury yang menerbitkan majalah France Football. Dalam pembicaraan itu, hadir pula bintang Afrika asal Liberia George Weah.

Weah merupakan satu-satunya pemain Afrika yang berhasil memenangkan dua penghargaan tersebut saat masih menjadi pemain. Sedangkan penerima terakhir penghargaan ini adalah Lionel Messi dari Argentina.

Penghargaan FIFA Ballon d'Or ini akan ditentukan dari suara jurnalis, pemain dan pelatih tim nasional yang akan pertama kali digelar di Zurich, Swiss pada 10 Januari 2011 mendatang.

Top Trending: Sosok Jenderal Bintang 1 Termuda TNI, Kowad Cantik Pernah Tugas di Lebanon
Rekaman CCTV Pelaku Bakar Mobil Mantan Istrinya di Minimarket di Majalengka

Ajakan Rujuknya Ditolak, Pria Bakar Mobil dan Rumah Mantan Istri

Seorang pria di Kabupaten Majalengka Jawa Barat, tega membakar mobil dan rumah milik mantan istrinya. Aksi tersebut dilakukan diduga karena mantan istrinya menolak rujuk.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024