Manufaktur Eropa Lemah,Saham Asia Ikut Lesu

Reaksi para pialang Bursa Saham Tokyo melihat turunnya indeks
Sumber :
  • AP Photo/Koji Sasahara

VIVAnews - Indeks harga saham di sejumlah bursa utama di Asia belum menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Walau ada sejumlah bursa yang mengalami kenaikan indeks, namun pergerakannya tidak signifikan. Banyak investor lebih cenderung melakukan aksi "lihat dan tunggu."

Pada penutupan perdagangan Selasa, 6 Juli 2010, indeks Nikkei 225 turun 0,9 persen menjadi 9.181,78. Indeks Kospi melemah 0,8 persen menjadi 1.661,79. Penurunan indeks juga melanda bursa saham di Singapura, Malaysia, dan Selandia baru.

Di Hong Kong, indeks Hang Seng mengalami kenaikan, namun kurang dari 0,1 persen menjadi 19.849,90. Kenaikan yang cukup signifikan terasa di bursa komposit Shanghai di China, yaitu sebesar 1,5 persen menjadi 2.398,88. Penguatan indeks juga melanda bursa Taiwan, Thailand, dan India.

Data yang mengecewakan dari sejumlah kekuatan ekonomi dunia dalam beberapa pekan terakhir, seperti di AS, China, dan Eropa, telah mengikis kepercayaan pasar atas kebangkitan pesat ekonomi global pasca resesi. Para trader saat ini lebih sering menghasilkan penurunan indeks harga saham.  

Kini, sambil menunggu dibukanya kembali perdagangan di Wall Street pada hari Selasa waktu New York, para investor saham di Asia disuguhkan laporan mengecewakan dari Eropa, yang menunjukkan lemahnya pertumbuhan di sektor jasa dan manufaktur.

Sementara itu, dalam perdagangan valuta Senin malam waktu New York, kurs dolar atas yen turun dari 87,75 yen menjadi 87,61 yen. Situasi ini kian memukul para eksportir asal Jepang sehingga turut memperlemah indeks harga saham.

Nilai tukar dolar atas euro pun menguat, dari US$1,2537 menjadi US$1,2532. (Associated Press) (hs)

Tinggalkan Kodam Jaya, Mayjen TNI Putranto Gatot Terima Tongkat Komandan Dewa Perang TNI
Farrel Hilal

Alasan Farrel Hilal Memilih Jakarta Selatan sebagai Inspirasi Lagu Debutnya

Lagu ini merupakan perwujudan dari pengalaman hidup Farrel di Jakarta Selatan, yang dipenuhi dengan cerita-cerita menarik tentang kehidupan sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024