Berapa Helai Rambut Rontok Setiap Hari?

Bad Hair Day
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Mengalami rambut rontok terkadang membuat wanita panik dan cemas. Perlu Anda tahu, rambut rontok setiap hari bisa merupakan hal wajar. Namun, pada kondisi tertentu masalah rambut satu ini justru dapat menjadi problem serius.

Lantas, berapa helai rambut rontok yang normal setiap hari? Dan, pada kondisi apa Anda perlu mewaspadai rambut rontok?

Ahli endokrinologi, Jeffrey Garber MD menyatakan, kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap hari itu masih tergolong normal.

"Bahkan jika rambut Anda menipis, tidak perlu langsung khawatir, karena bisa jadi hal itu disebabkan perubahan hormonal. Misalnya, Anda baru melahirkan, keguguran, atau menggunakan pil KB hormonal. Rambut rontok dapat menjadi indikasi proses pemulihan tubuh," kata Garber.

Garber menambahkan, umumnya rambut rontok akibat perubahan hormonal dapat kembali ke kondisi normal sekitar 3-4 bulan.

Namun, dalam kondisi apa kerontokan rambut bisa menjadi sinyal gangguan kesehatan? Menurut Garber, Anda bisa melakukan tes 'menarik rambut'.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

"Tarik segenggam rambut Anda secara perlahan tanpa menekan hingga ke bagian ujung rambut. Jika rambut rontok lebih dari 5 helai, hal itu bisa menjadi indikasi Anda kemungkinan sedang mengalami gangguan kesehatan. Apalagi jika Anda ulangi cara ini, hal yang sama terjadi lagi."

Garber menyarankan, agar Anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter kulit atau pakar kesehatan rambut. Selain memeriksakan kondisi kulit kepala, Anda juga perlu melakukan tes darah untuk mengetahui adanya gangguan kesehatan atau apakah Anda kekurangan asupan nutrisi untuk rambut. Kekurangan seng, zat besi dan vitamin B bisa membuat rambut rontok yang tidak normal.

Chandrika Chika

Profil Selebgram Chandrika Chika yang Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kasus Narkoba

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan Tanah Air. Chandrika Chika, yang dikenal dengan joget papi chulonya, ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024