Sindikat Penipu Undian Garuda Food Ditangkap

ilustrasi kriminal
Sumber :

VIVAnews – Anggota Polda Metro Jaya menangkap 12 orang yang selama enam bulan terakhir diduga menipu warga di Jabodetabek dengan modus undian berhadiah. Mereka mengatasnamakan PT Garuda Food Putra dan PT Nestle Indonesia.

“Mereka ditangkap karena membuat dan mengedarkan kupon berhadiah ke tempat pemukiman,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar, Senin 12 Juli 2010.

Boy mengungkapkan dalam beraksi, para tersangka terdiri dari dua kelompok. Kelompok pertama dipimpin Muklis alias Edy Prabowo, yang kedua diorganisir Muh. Kadri.

Di wilayah operasi, kelompok Muklis mengedarkan kupon undian palsu atas nama PT Garuda Food Putra. Sedang kelompok Muh. Kadri, mencatut nama PT Nestle Indonesia. Mereka mengiming-imingi calon korban dengan hadiah mobil.

Singkat cerita, salah satu korban yang konon mendapat hadiah mobil dan uang tunai merasa tertipu. Lalu ia melapor ke kantor polisi.

Dari situlah polisi bergerak dan berhasil menangkap tiga tersangka anggota kelompok Muklis di Bogor dan Depok pada 5 Juli 2010. Dari keterangan mereka, sindikat penipuan ini dibongkar.

Selain menggulung anggota sindikat, polisi juga menyita empat buah tas koper yang masing-masing berisi kupon palsu berhadiah, 23 unit telepon selular, 10 buku tabungan dari berbagai bank, 24 lembar kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dan satu unit mesin tekan.

Atas perbuatan itu, mereka dijerat dengan Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang penipuan dan Pasal 263 tentang pemalsuan dengan ancaman penjara lebih dari lima tahun.

Secara terpisah, Manajer Brand PT Garuda Food, Eny Wahyuni, mengakui ada banyak praktek penipuan di berbagai daerah di Indonesia yang menyalahgunakan undian berhadiah Garuda Food. "Kami sendiri juga terus berupaya mengantisipasi dengan mengumumkan kepada masyarakat melalui teks berjalan dan poster iklan," katanya. (kd)

Timnas Indonesia U-23 Hajar Australia, Marselino Ferdinan Ucapkan Hal Ini ke Ernando
Toko bingkai di mampang prapatan ludes dilalap sijago merah

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Polisi Sebut Ada 7 Orang Terjebak di Lokasi

Kapolsek Mampang Prapatan Kompol David Y Kanitero mengatakan bahwa ada sebanyak 7 orang yang terjebak di dalam toko Frame, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan Kamis malam.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024