Kenaikan TDL Pengaruhi Biaya Operasi Sekolah

Ilustrasi gardu listrik.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews - Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 10 persen akan berpengaruh terhadap kenaikan biaya operasional sekolah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan mengalami dampak kenaikan biaya operasional paling besar.

"Memang kenaikan TDL akan berdampak terhadap biaya operasional sekolah," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Oji Mahroji saat dihubungi wartawan, Bandung, Selasa 13 Juli 2010.

Menurut Oji, kenaikan biaya operasional berbeda-beda antara Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Besaran kenaikan biaya operasional tergantung dari banyaknya peralatan elektronik pada suatu sekolah dan penggunaan air.

Dia menambahkan, Disdik belum menghitung besaran kenaikan biaya operasional sekolah. Namun, Oji memprediksi besaran kenaikan berkisar antara 10-30 persen tergantung dari peralatan listrik suatu sekolah.

"Mungkin untuk SD kenaikan paling kecil sekitar 10 persen, karena konsumsi air yang banyak. Untuk SMK mungkin dapat mencapai 30 persen, karena banyak menggunakan mesin," ujarnya.

Menurut Oji, kenaikan biaya operasional tentu akan berdampak kepada kenaikan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP). Besaran kenaikan tersebut akan diserahkan kepada sekolah untuk dimusyawarahkan.

Lee Do Hyun Menangkan Penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards 2024

Dia menghimbau, agar orang tua siswa memahami masalah kenaikan operasional sekolah. Namun, Oji menjamin kenaikan biaya operasional tidak akan dibebankan kepada orang tua siswa yang tidak mampu.

"Saya berharap orang tua memahami, yang tidak mampu tentu tidak dibebankan. Tetapi yang mampu jangan pura-pura tidak mampu," ujarnya. (hs)

Laporan: Iwan Kurniawan

Mimi Peri

Mimi Peri Blak-blakan Sebut Ada Jin Wanita Bersemayam di Tubuhnya

Melalui potongan video singkat yang beredar ini pria yang kerap disapa dengan Mimi Peri tersebut mengungkapkan rahasia hidupnya yang mungkin jarang diketahui banyak orang

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024