Mobil Irit Siap Diproduksi Massal

Mobil terbang
Sumber :
  • discovery channel

SURABAYA POST - Setelah meraih kemenangan di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2010, mobil Sapu Angin 2 bisa diproduksi massal.

“Kami siap untuk melakukan itu (produksi massal, red). Syaratnya harus ada politik dan management yang baik untuk produksi tersebut,” ungkap Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS, Herman Sasongko, Jumat 16 Juli 2010.

“Jika diproduksi massal kemungkinan harganya ada di kisaran 150 juta,” katanya. Mobil di kisaran harga ini, misalnya, Suzuki Splash dengan 5 tempat duduk.

Menurut Herman, jumlah dana untuk riset dan pengembangan kedua mobil Sapu Angin 2 mencapai Rp 300 juta. Jika diproduksi massal, harganya pasti bisa ditekan.

Menurut Herman, mobil Sapu Angin sangat siap diproduksi massal karena memiliki sejumlah keunggulan, seperti bobot yang ringan (93 kg), tangguh, dan bentuk mobil yang memiliki aerodinamika bagus.

Untuk diproduksi massal, aspek utama yang harus diteliti lagi adalah keamanan dan kenyamanannya. “Tentu masih butuh riset lagi, mungkin sekitar dua atau tiga tahun lagi,” ungkap Apri Andi Setyawan, anggota tim Sapu Angin ITS.

Menurutnya, kekuatan dan kenyamanan mobil Sapu Angin 2 hanya digunakan untuk mengikuti lomba sehingga proses desain dan pengembangan disesuaikan dengan regulasi lomba. Kekuatan dan kenyamanan mobil masih kurang jika dipergunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Dari segi kekuatan, yang paling riskan adalah chasis atau rangka mobil. Selain itu, bodi atau karoseri mobil perlu untuk dilakukan tes kekuatan terhadap benturan, layaknya mobil yang akan diproduksi massal lainya.

Sapu Angin 2 sendiri memiliki mesin berkapasitas 110 cc dengan 4 transmisi. Sistem penyaluran bahan bakar menggunakan sistem injeksi (EFI) sehingga mampu mengontrol konsumsi bahan bakar lebih efisien.

PAN Persilakan PPP Gabung Koalisi Prabowo-Gibran: Jangan Bikin Syarat Rumit

Dalam ajang Shell Eco Marathon, Sapu Angin 2 mampu melesat hingga 238,6 km hanya dengan satu liter bahan bakar. Mobil mini ini hanya diperuntukkan untuk 1 atau 2 penumpang.

Laporan: Yopi Widodo

Bek PSS Sleman Kevin Gomes de Oliviera

Cerita Kevin Gomes Cetak Gol Perdana Untuk PSS Sleman

 Laga PSS Sleman vs Arema FC yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin 15 April 2024 menjadi pertandingan yang akan dikenang oleh Kevin Gomes de Oliveira.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024