Gara-gara Cabai Hatta Rajasa Menuai Kritik

Memanen cabe rawit di desa Mangunsari, Ngadirejo, Temanggung
Sumber :
  • Antara/ Anis Efizudin

VIVAnews - Pernyataan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa yang mengatakan untuk sementara tidak makan cabai selama harga cabai naik menuai kritik. Ucapan itu dinilai hanya menyederhanakan permasalahan.

"Ucapan 'sudahlah, tidak usah makan cabai', ini simplifikasi. Padahal cabai komoditas sangat penting," kata pengamat ekonomi, Hendri Saparini, dalam diskusi Radio Trijaya, di Jakarta, Sabtu 17 Juli 2010.

Cabai, menurut Hendri, sangat penting karena merupakan komoditas utama bagi masyarakat Indonesia. Meski karena itu, kenaikan harga cabai menjadi salah satu faktor pendorong inflasi.

"Kalau menggunakan perhitungan asing, inflasi tidak tergantung cabai. Itu salah besar, karena inflasi tergantung kebutuhan lokal kita," ucap Hendri.

Hendri menegaskan, dengan kenaikan harga cabai, yang paling merasakan dampaknya adalah masyarakat bawah. Karena berdampak juga ke komoditas bahan makanan yang lain.

"Orang miskin tergantung pada perubahan harga bahan makanan," lanjut ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance Indonesia (INDEF) ini. (umi)

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 24 April 2024
Planet Uranus.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Dalam kurun waktu lebih dari 30 tahun, kita telah memperluas pengetahuan kita tidak hanya tentang planet-planet di Tata Surya, tetapi juga menemukan planet dan alien.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024