Golkar: Taman Ria Boleh Jadi Lahan Bisnis

Mantan Ketua Komisi II DPR, Chairuman Harahap (tengah).
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Politisi Golkar yang menjadi Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat, Chairuman Harahap, menyatakan Taman Ria Senayan boleh saja disewakan, asal tidak sampai dijual kepada pihak ketiga. Lahan bekas Taman Ria itu, kata Chairuman, tanah milik negara. "Jangan sampai beralih dari kepemilikan negara," kata Chairuman.

Chairuman mengingatkan, aset-aset negara, termasuk kawasan Senayan, tentu harus memberi manfaat yang lebih besar kepada negara. "Kalau pun disewa menjadi lahan bisnis, jangan sampai aset ini hilang dan menjadi milik pihak lain," katanya dalam Rapat Kerja Komisi II dengan Sekretariat Negara di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 19 Juli 2010.

Oleh karena itu, kata Chairuman, DPR akan mendukung dan mendorong Sekretariat Negara (Sekneg) sebagai pihak yang mengawasi penggunaan lahan negara, untuk mengambil langkah-langkah pengamanan terhadap seluruh aset negara. Komisi II juga akan menelusuri sejauh mana legalitas perizinan untuk mengubah Taman Ria Senayan menjadi kawasan komersial seperti mal.

Sikap Chairuman ini berbeda dengan pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie. Marzuki meminta lahan bekas Taman Ria tidak dijadikan lahan bisnis dan penguasaannya dikembalikan kepada parlemen seperti digagas Bung Karno dulu.

Anggota Komisi II Mahfudz Siddiq juga menyatakan, banyak perizinan yang tak jelas dalam perjanjian terkait disewakannya Taman Ria Senayan kepada pihak ketiga. Karena itu, Mahfudz mendukung langkah transparansi atas peruntukan lahan tersebut.

Ketua Partai Amanat Nasional yang juga Wakil Ketua Komisi II, Teguh Juwarno, juga setuju menjadikan lahan bekas Taman Ria sebagai taman umum. Ia mengemukakan, DPR ingin mengembalikan fungsi Senayan menjadi satu kesatuan dengan kompleks parlemen seperti gagasan Bung Karno dahulu.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Namun keinginan mayoritas DPR ini terkendala karena Setneg sudah menjalin kerjasama dengan sebuah mitra swasta untuk membangun pusat perbelanjaan di bekas Taman Ria. Teguh berharap rencana ini bisa berubah. (adi)

Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024