DPR: LKPP Baik Harusnya Angka Korupsi Turun

Tumpukan uang rupiah
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat berharap, makin baiknya laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) 2009 akan membawa dampak positif bagi kondisi pemerintahan Indonesia.

Menurut Ketua Badan Anggaran DPR RI Malchias Markus Mekeng, dengan LKPP yang kini statusnya mendapat opini wajar dengan pengecualian (WDP) angka korupsi di Indonesia bisa makin berkurang.

Pengurangan ini dimungkinkan, karena celah untuk melakukan korupsi itu semakin kecil. "Karena kalau tadinya kita itu ngatur keuangan pemerintah hanya kayak warung saja, sekarang sudah makin baik," kata Melky, sapaan akrab Mekeng dalam dialog LKPP di Kementerian Keuangan, Jumat 23 Juli 2010.

Melky menuturkan, dengan penyusunan LKPP yang profesional, artinya pemerintah makin bertanggung jawab terhadap wajib pajak. Sebab, uang dari rakyat harus dikelola oleh negara dan dijelaskan secara baik, menganut manfaat asas manfaat, asa terbuka, dan bertanggung jawab. "Saya berharap dengan ini korupsi harusnya turun," kata dia.

Sementara itu, Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo mengatakan pemerintah sendiri telah mendapatkan arahan presiden terkait hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang telah memberi opini WDP.

Agus menambahkan, presiden telah meminta semua menteri untuk menindaklanjuti dan melakukan monitor terhadap setiap rekomendasi BPK setiap empat bulan. "Setiap empat bulan kami diminta untuk menjelaskan kemajuan," kata dia.

Sedangkan auditor II BPK bidang Keuangan Negara Syafri Adnan Baharuddin menuturkan, status WDP diberikan atas LKPP karena pengelolaan keuangan makin baik. "Kalau dulu 2007 ada 11 masalah, 2008 tinggal enam masalah, dan tahun ini tinggal tiga," ujarnya.

Perbaikan itu misalnya tentang masalah utang yang dulu Indonesia tidak pernah tahu berapa totalnya, pada saat sekarang dokumentasinya bisa dengan jelas ditemukan.

Contoh kedua adalah dulu yang masalah aset pemerintah tidak pernah tahu berapa nilainya, pada saat sekatang sudah 98 persen aset pemerintah bisa diinventarisir.

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas
Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Jimny 5 pintu terkenal dengan ketangguhannya di medan offroad.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024