Jakarta Macet, KA Bandara-Monorel Muncul Lagi

Kereta monorel
Sumber :
  • www.fratkin.com

VIVAnews - Pemerintah kembali mewacanakan pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang dengan Stasiun Kereta Api Manggarai, Jakarta. Hal itu diharapkan bisa mengatasi kemacetan di sejumlah ruas jalan di ibukota.

"Tadi kami juga membahas kemacetan, kami ingin mempercepat hal-hal yang terkait, katakanlah, jalur kereta api dari Soekarno Hatta ke Manggarai," kata Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, di kantornya, Lapangan Banteng, Jakarta, Senin 26 Juli 2010.

Menurut Hatta, pemerintah menilai mandeknya proses pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Jakarta dan bandara tersebut karena masalah pembebasan lahan.

Untuk itu, Kementerian Perekonomian telah melayangkan permintaan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk segera menyelesaikan perkembangan draf pengadaan lahan untuk kepentingan publik. "Kami harapkan dalam tahun ini sudah masuk ke dewan (Dewan Perwakilan Rakyat) untuk dibahas bersama-sama. Syukur-syukur kalau tahun ini selesai," ujarnya.
 
Selain mewacanakan kembali pembangunan rel kereta api, pemerintah akan melanjutkan pembangunan monorel. Saat ini, pemerintah masih dalam proses penghitungan aset yang diaudit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kalau itu (audit) selesai, mereka dengan Pemda DKI akan membicarakannya. Asetnya kan sudah ada yang dikeluarkan (didanai) Adhi Karya," kata Hatta. (hs)

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 6 poin atau 0,09 persen di level 7.167, pada pembukaan perdagangan hari ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024