Menkeu: 2010, RI Cuma Utang Rp95 Triliun

Tumpukan uang rupiah
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo memperkirakan realisasi utang pemerintah untuk menutup defisit anggaran pada 2010 ini angkanya hanya mencapai Rp95,1 triliun. Perkiraan ini lebih rendah dibanding perkiraan APBN Perubahan yang nilainya mencapai Rp133,7 triliun.
 
"Secara prosentase perkiraan realisasi defisit 2010 hanya 1,5 persen PDB atau lebih rendah dibanding target APBN P 2010 yang mencapai 2,1 persen," kata Agus dalam pemaparan laporan pelaksanaan APBN 2010 semester I dan prognosis semester II di Badan Anggaran DPR RI, Senin 26 Juli 2010.

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Agus menekankan pemerintah akan terus mengurangi jumlah utang Indonesia. Bahkan, jika bisa, dia berjanji tidak akan mengajukan pinjaman untuk membiayai program pemerintah.
 
Agus mengatakan rendahnya tingkat pembiayaan ini didukung oleh pendapatan negara dan hibah pada semester II yang diperkirakan mencapai Rp551 triliun. Perkiraan ini memenuhi realisasi pendapatan dan hibah pada semester I kemarin yang hanya mencapai Rp443,7 triliun.
 
Sedangkan dari sisi belanja, kata Agus, perkiraan riilnya pada semester II ini nilainya mencapai Rp694 triliun atau lebih tinggi dibanding realisasi semester I yang hanya Rp395,8 triliun.
 
Menurut Agus, besarnya pembiayaan untuk menutup defisit ini antara lain berasal dari pembiayaan dalam negeri sebesar Rp96,4 triliun dan pembiayaan luar negeri yang minus Rp1,3 triliun, sehingga secara total pembiayaan pada tahun 2010 ini adalah sebesar Rp95,1 triliun.
 
Sementara itu pemerintah melaporkan kinerja realisasi semester I APBN P 2010 lebih baik dari periode yang sama tahun 2009 dikarena anggaran tercatat surplus Rp47,9 triliun (tahun lalu defisit Rp5,6 triliun). Untuk realisasi pendapatan negara lebih baik 45 persen dari kinerja tahun lalu (42,2 persen dari target), sedang belanja negara sedikit lebih lambat (35 persen) dari pagu dibanding daya serap tahun lalu yang mencapai 37 persen dari pagu.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokhman

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Wakil Ketua Komisi III DPR RI mengatakan bahwa Polri sudah "on the track" dalam menangani kasus yang menjerat mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024