Singapura Kuasai Investasi di Indonesia

Singapura
Sumber :
  • strait-times

VIVAnews - Kendati belum sepenuhnya pulih dari krisis keuangan,
pemodal Amerika Serikat merupakan investor ketiga terbesar di Tanah Air dengan nilai investasi mencapai US$0,3 miliar pada 33 proyek.

Namun, hingga kuartal II-2010, pemodal Singapura tercatat sebagai investor terbesar dengan nilai investasi US$ 1,6 miliar. Uang ini ditanamkan di 156 proyek.

Untuk diketahui, realisasi investasi berupa penanaman modal asing (PMA) hingga semester I-2010 tercatat Rp71 triliun atau melonjak 46,1 persen dibanding periode sama 2009 sebesar Rp48,6 triliun.

"Dalam kondisi krisis, memang tidak bisa terlalu berharap arus investasi dari negara maju," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan, pada konferensi pers di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu 28 Juli 2010.

Data BKPM menunjukkan, selain AS dan Singapura, pemodal asing yang banyak membenamkan investasinya di Indonesia adalah Hong Kong senilai US$0,8 miliar pada 27 proyek, Jepang US$0,2 miliar (98 proyek), Belanda US$0,2 miliar untuk 43 proyek, serta negara-negara lainnya US$0,8 miliar di 792 proyek.

Gita mengatakan, kendati AS masih menempati posisi ketiga PMA terbesar di Indonesia, hal itu membuktikan adanya kepercayaan dari pemilik dana yang berasal negeri Paman Sam tersebut.

"Ini akan bergulir secara positif dan itu harus ditopang dengan infrastruktur. Karena jika tidak bisa, akan menyebabkan terhambatnya investasi," katanya.

Terkait dengan pemodal Singapura yang menjadi investor dengan realisasi investasi terbesar, Gita mengatakan hal itu karena adanya kejelasan investasi dan dukungan pemerintah dalam pengembangan wilayah Bintan, Batam, dan Karimun (BBK).

Kejelasan tersebut menyebabkan kepercayaan investor Singapura semakin meningkat dan akan terus berkesinambungan. Namun, BKPM mengingatkan pemerintah agar menjamin adanya pasokan energi dan listrik agar kelangsungan usaha di daerah itu bisa terus berkembang. (umi)

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024