XL Gandakan Bandwidth BlackBerry Jadi 800Mbps

Bandwidth ke server RIM di Kanada
Sumber :
  • speedtest.net

VIVAnews - Untuk meningkatkan kualitas layanan BlackBerry Internet Service (BIS), PT XL Axiata Tbk (XL) hari ini mengumumkan penambahan kapasitas bandwidth BlackBerry ke server Research In Motion (RIM) di Kanada sebesar dua kali lipat menjadi 800Mbps.

"Penambahan ini didorong oleh kenaikan jumlah pelanggan XL BlackBerry," kata Budi Harjono, Head of Marketing Mobile Data Services XL dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 28 Juli 2010.

"Saat ini, pelanggan aktif atau active subscriber untuk layanan BIS XL mendekati 450.000 pelanggan. Dalam tiga bulan terakhir jumlahnya tumbuh 18 persen," ujarnya.

Budi menjelaskan, penambahan bandwidth ke RIM menjadi penting karena tren trafik serta permintaan layanan XL BlackBerry yang tinggi, bahkan lebih dari trafik jaringan ketika Lebaran serta hari-hari besar lainnya.

"Dengan kapasitas 800Mbps, kami akan bisa tetap menjaga kualitas layanan BlackBerry hingga sejuta pelanggan," tutur Budi. "Kapasitas yang kami punya sementara ini adalah yang terbesar di Indonesia dengan dual carrier partner," klaimnya.

Terkait utilisasi bandwidth yang tersambung langsung dari XL ke RIM di Kanada saat ini diakuinya dapat dikurangi menjadi 45 persen. "Sebelum ditambahkan utilisasi jaringan khusus BlackBerry sudah mencapai 70 persen. Sebab itu, untuk mengantisipasi turunnya kualitas, kami menambahkan kapasitasnya," tuturnya.

Di sisi layanan nilai tambah, upaya anak perusahaan Axiata Group Berhad ini untuk menjaga kualitas adalah dengan memperkaya aplikasi melalui XL Mall. Seperti diketahui, XL Mall merupakan aplikasi agregator lokal karya anak bangsa Indonesia yang khusus disediakan bagi pelanggan XL BlackBerry, mulai dari games, themes, wallpaper, aplikasi, program promosi, diskon, hingga tips-tips menarik terkait BlackBerry.

"Hingga saat ini, terdapat sekitar 100 aplikasi lokal yang bisa diunduh dari XL Mall. Beberapa di antaranya adalah aplikasi menjelang bulan suci Ramadhan dan Lebaran berupa aplikasi jadwal buka puasa, petunjuk waktu sholat, dan sebagainya," kata Budi.

Selain penambahan bandwidth, untuk mendukung layanan purna jual pelanggannya, kini XL telah menyediakan 25 gerai Xperience Land yang tersebar di 14 kota, termasuk Denpasar, Medan, Makasar, Pekanbaru, Riau, Lampung, Batam, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, dan kota-kota besar lainnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini, jumlah BTS (base transceiver station) XL mencapai lebih dari 20.837 (2G/3G) dengan jumlah pelanggan BlackBerry sekitar 30 persen dari total pelanggan BlackBerry  di Tanah Air. (art)

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah
Film Keluar Main 1994

Tayang Perdana Hari Ini 28 Maret 2024, Film "Keluar Main 1994" Siap Hibur Penonton

Sebuah film yang ditunggu-tunggu, "Keluar Main 1994", tayang perdana di bioskop-bioskop seluruh Indonesia pada hari ini, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024