Otak Hanya Mampu Kerjakan Dua Hal Bersamaan

Senam Otak
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Berapa banyak tugas yang bisa dilakukan sekaligus? Neurobiologis Amerika menunjukkan otak manusia hanya mampu melakukan dua hal secara bersamaan. Tetapi, melakukan dua pekerjaan sekaligus akan melemahkan fokus dan memperlambat aktivitas otak beberapa kali.

Seperti dilansir dari laman Genius Beauty, temuan tersebut didasarkan pada percobaan yang meminta individu untuk mencocokkan huruf dalam teks. Di saat bersamaan, aktivitas otak mereka dipindai dengan gambar resonansi magnetik (MRI).

Pada percobaan kedua, tugas mereka makin sulit yakni mencocokkan surat-surat dan identifikasi huruf dengan cetak khusus. Pindai otak menunjukkan bahwa aktivitas otak berubah saat menghadapi dua tugas sekaligus. Masing-masing belahan otak melakukan sebuah tugas sambil saling berkomunikasi dengan 'tetangganya'.

Saat diberi tugas ketiga, otak secara harfiah akan menolak dan memberontak. Akibatnya, otak kehilangan fokus dan menurunkan aktivitasnya hampir empat kali lipat.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan
Drama Korea Night Has Come

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Teruntuk para penggemar drama Korea (Drakor) bergenre misteri dan thriller, drama Night Has Come wajib masuk ke dalam daftar nonton untuk mengisi waktu luang!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024