Harga Jual Minyak Energi Mega Naik 53%

Kilang minyak offshore
Sumber :
  • orrtextile.com

VIVAnews - PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) mencatat kenaikan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) sebesar 82 persen pada semester I-2010. Peningkatan EBITDA disebabkan kenaikan harga jual minyak dan penurunan biaya produksi.

Pada semester I-2010, harga jual minyak perseroan meningkat 53 persen ke level US$79,4 per barel. Perseroan melanjutkan aktivitas pemboran pada sumur-sumur pengembangan dan workover yang berbiaya rendah, sehingga mampu menurunkan beban pokok penjualan sebesar 26 persen.

"Oleh karena itu, perseroan membukukan kenaikan EBITDA hampir dua kali lipat menjadi Rp144 miliar," kata Chief Executive Officer (CEO) Energi Mega Persada, Imam Agustino, dalam siaran pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Jumat 30 Juli 2010.

Menurut dia, produksi harian minyak dan gas Energi menurun masing-masing sebesar 18 persen dan 30 persen yang disebabkan berkurangnya aktivitas pemboran pada tahun sebelumnya.

"Produksi minyak dan gas turun karena sedikitnya aktivitas pemboran pada 2009," tuturnya.

Perusahaan hanya melakukan pemboran pada satu sumur pengembangan tahun lalu terkait efisiensi biaya seiring rendahnya harga minyak dan posisi kewajiban yang masih cukup tinggi.

Agustino menambahkan, pada akhir tahun ini, lapangan Pagerungan Utara dari blok Kangean PSC, Jawa Timur dan lapangan Segat dari blok Bentu, Riau, Sumatra diharapkan dapat memulai produksinya masing-masing sebanyak 5.000 barel per hari dan 20 juta kaki kubik gas per hari.

Selain itu, lapangan TSB dari blok Kangean PSC, Jawa Timur juga diharapkan dapat segera memproduksi gas sebanyak 300 juta kaki kubik per hari pada akhir 2011.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Namun, selama semester I-2010, Energi Mega Persada mencatat penurunan pendapatan sebesar 19 persen. Pendapatan turun dari Rp702 miliar pada semester I-2009 menjadi Rp568 miliar pada periode sama 2010.

Anak usaha PT Bakrie and Brothers Tbk (BNBR) itu mampu menekan rugi bersih menjadi Rp79 miliar dibandingkan semester I-2009 sebesar Rp245 miliar.

Liverpool vs Everton

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool akan menyambangi markas Everton dalam lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024