2010, Ponsel di India Terjual 138 Juta

Para pengguna telepon seluler di New Delhi, India
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Berdasarkan laporan terbaru Gartner, lembaga riset publik di bidang teknologi informasi, penjualan ponsel di India akan menyentuh 138,6 juta unit pada akhir 2010.

Jika ramalan Gartner benar, penjualan ponsel di negara terbesar di Asia Selatan itu tumbuh 18,5 persen dibandingkan 2009 yang mencapai 117 juta unit.

Pertumbuhan pasar ponsel di India diperkirakan stabil hingga penjualannya mencapai 206 juta unit pada 2014.

Sama halnya dengan Indonesia, pasar seluler di India sangat dinamis. Dalam laporan itu disebutkan, munculnya operator baru dan sejumlah produsen ponsel merek lokal menjadi pemicu utama ramainya pasar seluler di negara berpopulasi penduduk terbesar kedua di dunia setelah China itu (1,1 miliar jiwa).

Padahal, sebelumnya, di ranah produsen ponsel, hanya ada lima penguasa pasar, termasuk Nokia, Motorola, Reliance, dan Vodafone.

"Persaingan makin ketat. Ponsel-ponsel merek global tergerus pangsa pasarnya sejak produsen-produsen lokal dan China masuk ke industri dengan harga yang terjangkau dan menyasar segmen menengah ke bawah," ujar Anshul Gupta, salah satu analis riset prinsipal Gartner, Jumat 30 Juli 2010.

"Harga menjadi kriteria utama konsumen di India dalam membeli perangkat elektronik, termasuk perangkat mobile. Strategi operator seperti bundling, tarif murah, dan rencana pengembangan data 3G akan mempertajam kompetisi dan membentuk pasar ponsel di India," tuturnya.

India, yang telah berkontribusi sekitar 10 persen terhadap total penjualan ponsel di seluruh dunia menjadi pasar yang sangat penting bagi produsen-produsen yang ingin mendongkrak pangsa pasarnya di lingkup global.

Situasinya mirip dengan ponsel di Tanah Air. Pasar ponsel di India juga dikendalikan oleh produsen ponsel merek lokal atau China yang jumlahnya mencapai 50 merek karena beredar di pasar gelap (black market).

"Pada 2009, penetrasi telepon seluler di India mencapai 45 persen. Pasarnya kini memasuki fase pertumbuhan kedua, di mana penjualan ponsel terus meningkat pesat dari 45 persen menjadi 50 persen," kata Gupta.

KPU Gunakan Sirekap dengan Evaluasi dan Perbaikan pada Pilkada Serentak 2024

Selain itu, transformasi layanan data ke arah 3G akan mempertajam kompetisi seluler di India. (Gartner) (art)

Timnas Indonesia

Media Asing Puji Timnas Indonesia, Penuh Talenta Muda Cemerlang hingga Gol Manjakan Mata

Sejarah kembali dicetak Timnas Indonesia usai lolos ke perempat final Piala Asia U23. Pencapaian ini sontak dapat sorotan dari berbagai pihak, tak terkecuali media asing.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024