6 Perkara Tak Nyaman Saat Menyusui

Ibu Menyusui
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews- Saat mendengar kegiatan menyusui, yang terbayang adalah dampaknya dan segala keuntungannya bagi si buah hati. Tapi meskipun menyusui adalah kewajiban, ada sejumlah hal yang membuat kegiatan itu tak nyaman pada ibu, maupun si bayi. Coba kenali apa saja penyebabnya.

1. Saat pertama kali menyusui, Anda mungkin mengalami sakit pada bagian puting susu. Payudara juga akan bengkak dan terasa nyeri.

2. Anda bisa mengalami air susu menembus pakaian pada waktu tertentu. Kondisi ini memang sangat tidak nyaman. Apalagi ketika bayi menangis, tubuh mulai memproduksi susu. Jika Anda tidak siap untuk ini, akan menimbulkan ketidaknyamanan dan memicu depresi.

3. Menyusui bayi di depan publik memang lebih sulit. Meskipun si bayi sangat haus, tetapi kadang mata orang-orang di sekitar membuat Anda tidak nyaman. Untuk itu, sediakan kain penutup payudara jika sewaktu-waktu Anda harus menyusui di depan publik. 

4. Ketika bayi akan tumbuh gigi, gusinya akan terasa gatal. Ia akan lebih sering mengigit puting sehingga Anda menjadi kesakitan saat menyusui.

5. Bentuk dan penampilan payudara akan berubah meskipun tidak semua wanita mengalaminya. Tetapi, sebagian besar wanita mengungkap, puting yang membesar akan mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap.

6. Sebelum kembali bekerja, biasanya Anda akan memompa air susu sebagai stok untuk bayi. Namun, hal ini bisa menjadi masalah jika susu yang Anda pompa produksinya tidak terlalu banyak.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024