Jual Ginjal Demi Mobil dan Rumah

Uang Rupiah
Sumber :

SURABAYA POST - Maria Enny, wanita berusia 22 tahun ini namanya ramai dibicarakan orang di dunia maya. Warga Klaten, Jawa Tengah ini menawarkan ginjalnya ke masyarakat melalui internet untuk dijual.

"Ternyata harganya bisa mencapai ratusan juta. Wah mahal juga ya? Bisa buat beli mobil sama rumah," kata Maria Enny, Selasa 3 Juli 2010.

Diakuinya, dia tergiur saat tahu harga sebuah ginjal bisa mencapai Rp 500 juta. Awalnya dikira harga sebuah ginjal ada di kisaran Rp 10 juta- Rp 20 juta.

Sebut MK Bisa Anulir Hasil Pilpres 2024, Guru Besar IPDN Beberkan Alasannya

"Katanya, manusia dengan satu ginjal masih bisa hidup sehat dan tidak memengaruhi kondisi tubuh. Jadi, tidak masalah saya hidup dengan satu ginjal," ujarnya.

Dia rela kehilangan sebuah ginjalnya, agar bisa memulai hidup baru yang lebih layak dan berkecukupan. Dirinya berangan-angan bisa membelikan rumah dan memenuhi kebutuhan hidup semua keluarganya setelah ginjalnya terjual.

Wanita yang berprofesi sebagai pengasuh anak ini bahkan menawarkan ginjalnya di beberapa rumah sakit internasional. "Tetapi kebanyakan jawaban yang saya terima sama, yakni menunggu pasien yang menghendaki," katanya.

Kania, gadis Bandung berusia 20 tahun juga menawarkan ginjalnya. Harga yang dipatoknya Rp 600 juta. Dia menetapkan harga tersebut setelah melihat referensi dari internet. "Kalau umur 20 seperti saya, harganya sekitar Rp 600-Rp 650 juta," ujarnya.

Aksi nekat ini selain untuk membayar utang ayahnya, juga untuk mencari biaya kuliah bagi adiknya. "Jika utang ayah saya lunas, baru saya batalkan niat untuk menjual ginjal," katanya.

Maraknya kasus penjualan ginjal saat ini, menurut Sosiolog Unair, Drs Musta’in Msi, merupakan bentuk degradasi moral pada masyarakat.

"Menjual ginjal terkesan dilakukan untuk mencapai eksistensi ekonomi dalam hidupnya. Meski saat ini alasan paling dominan adalah kemiskinan, tapi bisa menjadi tren masyarakat dalam mencari uang besar dalam waktu cepat," katanya.

Yopi Widodo

Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

PT Suzuki Indomobil Sales menepati janjinya, untuk menghadirkan Jimny 5-door kepada para pecinta otomotif Indonesia. Sejak diluncurkan pada bulan Februari 2024, SIS telah

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024