Mengapa Orang Gemuk Sulit Merasa Kenyang

Wanita makan spaghetti
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Kegemukan tak hanya disebabkan gaya hidup buruk dan asupan makanan tidak sehat. Penyebab seseorang sulit memperoleh tubuh ideal karena otak mengenali sinyal kenyang lebih lambat daripada orang pada umumnya.

Menurut para peneliti, akibat keterlambatan fungsi kerja otak, sebagian orang cenderung lebih sering makan dengan porsi berlebih yang menyebabkan kegemukan. Temuan terbaru seperti yang dikutip dari Telegraph mengungkap kegemukan bukan saja mengarah pada diet salah, tetapi juga warisan genetik sejak dalam kandungan.

Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Proceeding National Academy of Sciences menjelaskan dua orang saudara kandung yang mengonsumsi makanan dengan nilai kalori atau lemak yang sama. Namun, hasilnya bisa berbeda di antara keduanya.

Tim riset Universitas Yale yang meneliti tikus membuktikan, pada sebagian tikus, ada ujung saraf yang lebih lambat memberi sinyal ketika perut kenyang dibandingkan yang lain.

"Tampaknya jaringan neuron di otak menentukan kerentanan seseorang untuk mengalami obesitas," kata Profesor Tamas Horvath, seorang neurobiologi dari Universitas Yale.

"Observasi menambah alasan mengapa ada perbedaan orang bisa menjadi gemuk. Kegemukan lebih berhubungan pada pengembangan koneksi dalam otak selama pertumbuhan pra-kelahiran."

Ria Ricis dan Teuku Ryan Resmi Cerai, MA Hapus Putusan Sidang Dari Website

Baca juga: Orang Gemuk Dikenakan Pajak

Jurus Ampuh Atasi Perut Buncit

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 Akan Hadir di Kemayoran, Catat Tanggalnya!
Ilustrasi Partai Golkar.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

Golkar memang mau tak mau harus mencari Habibie baru walau harus sampai ke dasar tumpukan jerami bila ingin menang absolut di pemilu mendatang, menurut pengamat.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024