Rumah Dinas DPRD Jawa Timur Ditarik

rapat dewan anggota DPRD Jatim
Sumber :
  • Siska Prestiwati | Surabaya Post

SURABAYA POST - Pemprov Jawa Timur menarik tiga rumah dinas (rumdin) pimpinan DPRD Jatim di kawasan perumahan elite Margorejo. Ketiga rumdin yang ditarik itu jatah Wakil Ketua DPRD Jatim masing-masing  Abdul Halim Iskandar, Soenaryo, dan Sirmadji Rumdin tersebut bakal  digunakan sebagai kantor bersama.

"Dua bulan terakhir ini Pemprov Jatim menarik rumdin untuk kantor. Bukan hanya rumdin milik pensiunan Dinas Pertanian saja yang ditarik, rumdin untuk pimpinan dewan pun ditarik," kata Wakil Ketua DPRD Jatim, Faf Adisiswo, Kamis 5 Agustus 2010.

Sebagai pengganti rumdin, Faf menjelaskan, pimpinan dewan akan menerima uang kompensasi untuk biaya kontrak rumah baru. Sayangnya, Faf enggan menyebutkan berapa besar uang kompensasi yang diterima tiga wakil pimpinan dewan untuk mengontrak rumah baru.

"Yang jelas uang kompensasi untuk kontrak rumah  disesuaikan dengan biaya kontrak rumah di sekitar Surabaya, dan telah diatur oleh pergub," akunya.

Masih menurut Faf, dari empat pimpinan DPRD hanya dirinya saja yang belum menerima rumdin. Setelah dilantik menjadi wakil rakyat pada akhir Agustus 2009  hanya diberi uang kompensasi. Untuk diketahui, selain tidak mendapatkan rumdin, Faf juga sempat tidak menerima mobil dinas.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Sehingga, akhir 2009 diajukan pengadaan sebuah mobil Toyota Camry untuk Faf, setelah delapan bulan menunggu mobil dinas barunya, pada April 2010 Faf menikmati Toyota Camry seperti yang didapatkan empat orang pimpinan dewan lainnya. 

"Periode yang lalu, hanya ada tiga wakil ketua dan satu ketua. Namun, untuk periode ini, ada empat wakil dan satu ketua dan saya yang terakhir, sehingga jatah rumdin dan mobdin memang belum ada. Sehingga, untuk mobdin harus diadakan dulu, kalau untuk rumdin saya tidak pernah dapat, saya hanya diberi uang kontrak rumah," paparnya.

Untuk sementara, ia tinggal di rumah milik pribadi. Faf juga berencana mencari kontrakan rumah di sekitar DPRD Jatim. Dia juga mengapresiasasikan kepada pemprov agar menyediakan rumdin dalam satu deretan dan satu komplek. "Kalau rumah kompleks ini ada kita bisa tinggal bersama dengan pimpinan lain dalam satu kompleks," tuturnya.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar mengatakan, sebulan yang lalu rumdin untuk wakil pimpinan dewan memang sudah ditarik. Namun, hingga saat ini pihaknya belum menerima uang kompensasi untuk kontrak rumah baru.

Belum adanya uang kompensasi, membuat Abdul Halim menempati rumahnya sendiri di daerah Jombang. "Kalau uangnya belum diberikan, kita mau kontrak pakai uang siapa. Otomatis sementara tinggal dulu dirumah sendiri," paparnya.

Selain digunakan kantor, rencananya rumdin ini digunakan untuk gudang. Namun, ia memastikan  rumdin tidak disewakan kepada pihak ketiga atau swasta. Sebab, dalam surat pemberitahuan disebutkan akan digunakan untuk kantor.

Dihubungi terpisah, Sekretaris DPRD Jatim, Sukardo membenarkan bahwa rumdin pimpinan dewan telah ditarik oleh pemprov. Namun, pihaknya belum mengetahui apakah rumah tersebut telah digunakan untuk kantor atau belum.

Siswantoro

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024