Sambut Ramadhan, XL Uji Coba Jaringan

Menara BTS
Sumber :
  • Excelcomindo

VIVAnews - PT XL Axiata Tbk (XL) bertekad memberikan layanan terbaik selama Ramadhan dan Lebaran dengan menyediakan jaringan yang mampu mengatasi lonjakan trafik yang dipastikan akan terjadi selama bulan suci dan berlanjut hingga masa libur panjang Idul Fitri.

Untuk mengatasi lonjakan, salah satu yang dilakukan adalah menaikkan kapasitas hingga 2 (dua) kali lipat dan menyiapkan secara penuh infrastruktur yang diperlukan di seluruh jangkauan layanan. XL juga melakukan uji coba jaringan (drive test) di 14 daerah di Indonesia.

“Uji jaringan kami lakukan untuk memastikan bahwa semua layanan XL bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh lebih dari 35,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia selama Ramadhan dan Lebaran,” kata Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL Axiata, pada keterangannya, 6 Agustus 2010.

Hasnul mengatakan, meskipun kami sudah mempersiapkan jaringan sejak jauh-jauh hari, uji jaringan tetap perlu dilakukan agar pihaknya mengetahui apakah masih ada kekurangan.

“Hasil uji jaringan akan kami pakai untuk memperbaiki sesegera mungkin kekurangan yang ada karena Ramadhan sudah di depan mata,” kata Hasnul.

Uji coba kualitas jaringan dilakukan secara serentak di 14 daerah di seluruh Indonesia yaitu Medan, Pekanbaru, Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar.

Selain itu uji jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur utama mudik, yaitu jalur Lampung – Bakaheuni – Jakarta, Jakarta – Cirebon – Semarang (Pantura), Bandung – Cirebon – Semarang, Malang – Surabaya – Semarang, dan Solo – Yogyakarta – Semarang.

Pada uji jaringan ini, XL melakukannya secara mobile, yaitu dengan menumpang kendaraan yang bergerak. Dengan menggunakan peralatan dan metode standar dan diakui secara regulasi, pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui.

Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service),  dan data (internet dan BlackBerry).

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024