PTPN X Alokasikan US$9,5 Juta Bangun Pabrik

Kelapa sawit.
Sumber :
  • Antara/Maril Gafur

VIVAnews - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mengalokasikan dana sekitar US$9,5 juta untuk pembangunan pabrik bioethanol bekerja sama dengan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) Jepang.

Pabrik ethanol berkapasitas 30 ribu kiloliter tersebut diperkirakan membutuhkan dana investasi hingga US$19 juta. Pembangunan pabrik akan dilakukan di pabrik gula Gempol Kerep Mojokerto, Jawa Timur.

"Kami sudah membuat surat kepada Kementerian Perindustrian bahwa kami sanggup. (Kerja sama) itu kami akan tindaklanjuti seluruh administrasi dan mekanisme yang ada," kata Direktur Utama PTPN X Subiyono di kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin 9 Agustus 2010.

Subiyono merencanakan pembangunan pabrik dapat segera dimulai pada tahun ini. Dengan masa pembangunan selama dua tahun, pabrik penghasil bahan bakar nabati tersebut diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2013.

PTPN optimistis produksi ethanol dari pabrik yang dibangun dekat pabrik gula tersebut akan terserap pasar. Pasalnya, selama ini pihaknya sudah menerima permintaan dari sejumlah pihak.  "Pihak Jepang sendiri sudah sanggup membantu pemasaran," ujarnya.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024