ADB Nasehati Indonesia Hapus Subsidi BBM

BBM: Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Bank Pembangunan Asia (ADB) menyarankan pemerintah agar menghapus subsidi bahan bakar minyak yang hampir mencapai seratusan triliun rupiah. Subsidi sebaiknya dialihkan untuk program yang langsung menyasar warga miskin.

Demikian salah satu poin rekomendasi kajian Indonesia: Critical Development Constraints yang dikeluarkan oleh ADB, Bank Pembangunan Islam (IDB), dan Organisasi Buruh Internasional (ILO).

"Subsidi umum sebaiknya diganti dengan subsidi khusus yang memberikan dampak langsung kepada masyarakat miskin," kata ekonom ADB, Muhammad Ekhsan Khan, di Jakarta, Selasa 10 Agustus 2010.

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?

Dalam Anggaran Pendatapan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2010,  subsidi BBM tercacat sebesar Rp89,3 triliun. Subsidi ini naik Rp20,6 triliun dari alokasi awal APBN 2010, sebesar Rp68,7 triliun.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Lukita Dinarsyah Tuwo mengungkapkan, pemerintah telah merancang subsidi agar tidak salah sasaran. Rancangan ini terdapat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2010-2014. "Seperti kenaikan TDL (tarif dasar listrik), kan tidak semua lapisan masyarakat mengalami kenaikan," ujar Lukita.

Pemerintah, menurut Lukita, terus mengembangkan energi alternatif yang ramah lingkungan seperti panas bumi dan tenaga surya. Pemerintah juga terus berupaya memperbaiki sistem subsidi yang telah ada. "Jadi orang yang membutuhkan yang berhak mendapatkan subsidi," katanya. (hs)

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024

Laporan: Iwan Kurniawan

Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024