Hindari Iritasi Mata Akibat Riasan Luntur

Maskara luntur
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Mereka yang tak mahir menjadikan wajah sebagai 'kanvas lukisan', riasan seringkali justru menjadi bumerang. Bukan hanya membuat wajah bak badut pesta, riasan mata yang luntur juga berpotensi menimbulkan iritasi mata.

Untuk menghindari iritasi mata akibat riasan, ikuti trik berikut.

Konsumsi makanan omega 3
Penelitian yang dipublikasi American Journal of Clinical Nutrition mengungkap bahwa konsumsi asam lemak omega 3 melindungi mata dari kekeringan dan membuatnya terlihat cerah. Omega 3 banyak terkandung dalam ikan salmon, kacang walnut dan avokad. Konsumsi sayuran hijau, seperti bayam, sawi, salada dan buah yang mengandung banyak vitamin C, beta karoten dan vitamin A, juga disarankan.

Maskara tahan air
Jika kulit Anda termasuk berminyak dan rawan alergi serta mata mudah iritasi, hindari menggunakan maskara yang tidak tahan air. Pilihan 'water resistant mascara' bukan hanya akan mengurangi risiko iritasi, tetapi juga tahan lebih lama.  

Pilih krim mata tepat
Kulit di sekitar mata sangat sensitif, untuk itu pilih krim mata yang aman dan sesuai dengan jenis kulit. Anda bisa pilih krim yang mengandung chamomile, ekstrak oat, dan teh hijau karena berefek menenangkan dan melembabkan.

Eye shadow mineral
Kelopak mata Anda juga mengeluarkan keringat. Untuk menghidari gumpalan eye shadow dan membuat mata iritasi, pilih yang jenis mineral. Eye shadow mineral akan membantu mengontrol minyak pada kelopak mata, sehingga tidak menggumpal dan mencegah iritasi.

Riasan mata ringan
Hindari menggunakan riasan mata yang berat seperti smoky eyes, karena mudah sekali luntur saat cuaca panas. Gunakan saja riasa mata ringan dengan warna natural, seperti emas, pink atau coklat muda.

Selalu bersihkan riasan
Jangan pernah tidur dengan riasan terutama di bagian mata. Jika tidur biasanya Anda secara tidak sadar menggaruk mata dan membuat riasan masuk ke dalam mata, keesokan harinya mata menjadi merah dan bengkak. Jadi, pastikan riasan di wajah sudah dibersihkan sebelum Anda tidur.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

Nurul Ghufron Bakal Disidang Etik Dewas KPK pada 2 Mei Terkait Mutasi Pegawai Kementan

ewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rencananya akan menggelar sidang dugaan pelanggaran etik Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron pada 2 Mei 202 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024