Benarkah Minuman Berenergi Picu Erosi Gigi

Gigi anak
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Minuman ringan dan minuman berenergi ternyata bisa memicu terjadinya erosi gigi. Penelitian di Australia mengungkap, tengah terjadi epidemi erosi gigi di kalangan remaja Australia akibat konsumsi minuman berenergi.

Dikutip dari laman The West, Australian Dental Association mengungkap penelitian yang dilakukan di sekolah-sekolah Australia bahwa 68 persen siswa memiliki paling sedikit satu gigi yang menunjukkan tanda-tanda erosi.

Presiden Asosiasi Liberali Sharon mengatakan, minuman ringan dan minuman berenergi diduga sebagai penyebab utama terjadinya erosi pada gigi karena tingginya tingkat keasaman.

Dia mengatakan, studi baru-baru ini yang dilakukan dengan pilihan kelompok konsumen menemukan bahwa minuman berenergi populer yang beredar di Australia seperti Red Bull dan V memiliki kadar asam lebih tinggi daripada kebanyakan minuman soda lainnya.

"Asam dapat merusak permukaan enamel gigi, sebuah proses yang dikenal sebagai erosi gigi. Kondisi ini telah menjadi epidemi diam-diam,” kata Dr Liberali. "Tidak seperti gigi busuk, yang disebabkan oleh bakteri, erosi gigi terjadi oleh serangan kimia tanpa keterlibatan bakteri."

Minuman energi merupakan kategori produk yang paling cepat berkembang di pasar minuman dengan peningkatan penjualan hampir 20 persen tahun ini.

Sebuah studi pemerintah di Victoria juga menemukan bahwa sekitar 80 persen siswa berusia 12-17 tahun telah teratur mengkonsumsi minuman ringan bergula. Sepuluh persen dari mereka mengonsumsi tiga kaleng minuman mengandung gula tinggi seperti minuman ringan setiap hari.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat
Apple.

Apple Bagi-bagi Undangan

Apple akan menggelar hajatan perdana di tahun ini yang bertema 'Let Loose' bakal digelar pada 7 Mei merilis tablet iPad Pro dan iPad Air serta Apple Pencil.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024