Wisata Ngabuburit di Setu Babakan

Taman Wisata Situ Gintung sebelum musibah tanggul jebol
Sumber :
  • wordpress.com

VIVAnews – Setu Babakan jadi tempat favorit di Ramadan 2010 ini. Muda-mudi sampai orang tua kumpul di sana tiap sore. Mereka menunggu waktunya ngabuburit (buka puasa) sambil bermain, menikmati keindahan danau, atau pemandangan alam di wilayah Jakarta Selatan ini.

Biasanya, mereka datang sejak pukul 15.30 WIB. Hiburan yang ditawarkan di tempat wisata rakyat ini, di antaranya, memancing dan bermain sepeda air. Untuk main sepeda, biayanya hanya Rp5.000 per orang. Mereka sudah bisa mengelilingi danau selama sekitar 15 menit.

Atau kalau tidak mau mancing atau bermain sepeda air, sambil menunggu tibanya ngabuburit, pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati keindahan danau atau pemandangan alam lainnya.

Marzuki, 28 tahun, warga Depok, mengaku senang datang ke Setu Babakan. Biasanya, mengajak keluarga. Tapi, tidak setiap hari datang, melainkan hanya di akhir pekan saja.

"Kami datang ke sini untuk bersenang-senang sambil menunggu tiba buka puasa. Anak-anak juga senang di sini," katanya, kemarin sore.

Willy, 29 tahun, yang datang bersama teman-temannya mengaku sering datang ke tempat wisata ini untuk ngabuburit. "Daripada di rumah cuma nonton televisi malah jadi lemes. Kalau ke sini ngumpul sama teman-teman jadi puasanya nggak terasa berat," ujarnya.

Baihaki, pengelola penyewaan sepeda air, mengatakan saat ngabuburit pengunjung di Setu Babakan meningkat dibandingkan pada pagi dan siang hari.

Untuk menjaga kenyamanan warga sekitar, pengelola memasang spanduk melarang pengunjung menyalakan petasan ataupun kembang api yang mengeluarkan bunyi keras.

"Tahun-tahun sebelumnya banyak yang menyalakan petasan dan warga merasa terusik. Setelah ada larangan pengunjung juga menaatinya," katanya.

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1
Pendampingan pembentukan koperasi di Banyuasin

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan arahan agar jajarannya mampu membangun ekosistem baru di sektor pertanian dan membuat pertanian diminati anak muda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024