Agar Kosmetik Awet dan Bebas Bakteri

Kosmetik mineral
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Kunci membuat kosmetik awet adalah menyimpannya di tempat tepat. Penyimpanan salah bisa membuat kosmetik berubah warna atau kehilangan aroma sebelum menyentuh tanggal kedaluarsa.

Suhu panas, lembab, dan cahaya matahari adalah musuh utama kosmetik. Agar kosmetik awet, ketahui cara tepat menyimpannya. Setiap kosmetik harus diperlakukan berbeda sesuai karakternya. 

Kosmetik berbahan krim
Harus disimpan pada suhu 5-25 °C. Temperatur lebih rendah dari itu dapat membuat krim menggumpal dan berbahaya bagi emulsi krim cair, karena komponen air dapat mengkristal. Sedangkan suhu tinggi membuat kualitas kosmetik bahan krim menurun.

Pastikan Anda membaca informasi tentang cara penyimpanan dalam kemasan. Jangan gunakan jari untuk mengambil kosmetik dalam kemasan. Mikroorganisme di jari Anda dengan mudah dapat mengontaminasi kosmetik. Lebih baik menggunakan spatula atau aplikator.

Maskara
Maskara adalah produk yang umurnya sangat singkat. Anda hanya boleh menggunakan selama enam bulan setelah segel dibuka. Melewati masa tersebut, bakteri akan tumbuh dan mudah membuat mata iritasi. Suhu panas juga membuat bakteri dalam maskara tumbuh lebih cepat. Simpan di tempat yang tidak terkena panas langsung.

Lipstik
Lipstik berkualitas tinggi bisa digunakan selama dua tahun. Melewati periode tersebut lipstik akan kering dan akan terlihat kurang bagus jika digunakan. Anda bisa menyimpan di kulkas saat suhu sedang panas untuk menghindari lipstik meleleh.

Eyeshadow
Eyeshadow mudah mengering atau mencair. Untuk itu simpanlah di kotak yang kering dan terhindar dari suhu ekstrim. Umur eyeshadow kering biasanya cukup panjang sekitar tiga tahun, tetapi untuk cair sekitar 1,5-2 tahun. (pet)

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024