Dibantah, Singapura Tolak ASEAN Single Window

Target Pertumbuhan Ekspor 2010 : Peti Kemas
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Direktur Jendral Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI Gusmardi Bustami membantah Singapura menolak menerapkan sistem ASEAN Single Window.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

"Berita itu tidak benar, Singapura akan bergabung dan akan berpartisipasi dalam uji coba," kata Gusmardi kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 19 Agustus 2010.

ASEAN Single Window adalah sistem portal pelayanan satu pintu untuk proses perijinan eskpor dan impor yang dirancang supaya berbiaya murah, mudah, dan pasti dengan menggunakan sistem elektronik terintegrasi.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Sejauh ini, empat negara ASEAN yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Filipina telah selesai melakukan uji coba teknis ASEAN Single Window. Nantinya, sistem ini akan diterapkan secara menyeluruh di  negara-negara ASEAN.

"Nantinya akan ada satu server untuk menyimpan data ekspor impor," jelasnya.

Menurut Gusmardi ASEAN Single Window sangat penting sebagai fasilitas para pengusaha yang bergerak di kawasan ini. Nantinya, sistem ini akan diterapkan di seluruh negara ASEAN.

"Di empat negara sudah berhasil, nanti akan di-extend ke negara-negara lainnya. Pada waktunya nanti akan diterapkan kepada seluruh negara ASEAN," jelasnya. (Laporan: Iwan Kurniawan | kd)

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat
Ilustrasi sosial media

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Fenomena FOMO, yang ditandai oleh perasaan tidak nyaman karena merasa tertinggal dalam hal-hal tertentu, menjadi perhatian dalam diskusi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024