23 Agustus 2009

Kebakaran Hutan, Yunani Berstatus Darurat

Polisi Yunani mengarahkan warga untuk menjauh dari kebakaran hutan
Sumber :
  • AP Photo/Petros Giannakouris

VIVAnews - Tepat setahun yang lalu, rakyat di Yunani gempar atas kebakaran hutan yang dahsyat. Kebakaran hutan di utara ibukota Yunani, Athena, sejak dua hari terakhir terus berlanjut.

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

Si jago merah tak hanya menghancurkan banyak pohon cemara dan semak belukar, namun juga menghanguskan banyak rumah sehingga memaksa ribuan orang mengungsi.

Tak hanya itu, semua rudal anti pesawat udara di pangkalan militer dekat lokasi kebakaran terpaksa dipindahkan saat kobaran api terlihat di depan mata. "Situasinya berlangsung tragis. Lautan api terlihat di banyak tempat," kata Yiannis Sgouros, gubernur provinsi Athena Raya.

Pemerintah setempat telah menetapkan keadaan darurat di Athena dan sekitarnya. Bagi para pengamat, ini merupakan kebakaran terburuk sejak api melumat wilayah di Yunani bagian selatan pada 2007 yang menewaskan lebih dari 70 orang.

Sejumlah pesawat dan helikopter kembali dikerahkan untuk memadamkan api dari langit setelah delapan jam jeda. Masalahnya, di masa jeda itu, kobaran api semakin meluas hingga meliputi kawasan Gunung Penteli dan menjangkau kawasan pemukiman penduduk.

Api yang mulai tampai Jumat malam waktu setempat, berasal dari wilayah yang berjarak lebih dari 40 kilometer dari Athena. Sejumlah kota yang terancam hangus adalah Marathon, yang merupakan tempat kali pertama dicetuskannya lari jarak jauh. 

Sejumlah situ bersejarah lain juga terancam oleh kebakaran hutan, yaitu Rhamnus, kompleks dua kuil yang berusia 2.500 tahun. Kebakaran hutan juga melanda di beberapa tempat, yaitu di Pulau Evia dan Skyros. (Associated Press)

VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Kepada tongkat komandan itu diserahkan?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024