Ramadan, Hotel Malaysia Beri Label Halal

Ilustrasi jajanan Buka Puasa
Sumber :
  • Mutia Nugraheni/VIVAnews

VIVAnews - Delapan hotel diketahui mempromosikan makanan prasmanan atau buffet untuk berbuka puasa selama Ramadan tidak dilengkapi sertifikasi halal di Malaysia.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Semua itu adalah bagian dari 15 hotel di negara tersebut yang ditemukan tidak memiliki sertifikasi setelah menjalani pemeriksaan oleh Departemen Urusan Agama (JHEAIPP) unit sertifikasi halal sejak awal Ramadan.

Abdul Malik Abul Kassim, ketua Urusan Agama, Perdagangan Dalam Negeri, dan Komite Urusan Konsumen mendesak, agar hotel-hotel tersebut segera mengajukan permohonan sertifikasi halal dari Departemen Pembangunan Islam (JAKIM) atau JHEAIPP.

"Ketika Anda menggunakan istilah prasmanan Ramadan, Anda mempromosikan ke Muslim," ujarnya seperti dilansir laman thestar.com.

"Tahun ini, kami hanya memberikan saran kepada hotel (untuk mendapatkan sertifikasi). Kita akan mulai mengambil tindakan penegakan hukum tahun depan di hotel yang tidak memiliki sertifikasi halal sah, tetapi mempromosikan buffet Ramadan," kata Abdul Malik.

Dia menuturkan, ada sekitar 27 hotel di Penang dengan sertifikasi halal sah dari JAKIM atau JHEAIPP. Sebab, JHEAIPP telah menyederhanakan proses aplikasi untuk memperbaharui sertifikasi halal dengan lebih ramah dan mudah.

Abdul Malik juga mengatakan bahwa sedikitnya 101 Muslim ditahan karena pelanggaran syariah di negara bagian itu selama operasi yang dilakukan oleh unit penegakan JHEAIPP sejak awal Ramadan.

Dari angka ini, dia menambahkan, 32 ditahan dengan jeratan pasal 15 tentang pelanggaran pidana syariah yang disahkan di Penang mengenai tidak menghormati Ramadan dengan makan, minum, dan merokok di depan umum selama bulan puasa. (hs)

Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024