Selama Sepekan, Dana Asing Masuk Rp2,14 T

Bank Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Bank Indonesia (BI) mencatat dalam sepekan (16-20 Agustus) dana asing masuk mencapai Rp2,14 triliun. Angka itu terdiri dari saham asing Rp1,99 triliun, SBI Rp1,19 triliun, dan outflow asing di SUN Rp1,04 triliun.

Sedangkan di pasar valas, pelaku asing tercatat sebagai nett seller dolar AS. Asing tercatat menjual US$32 miliar dibanding minggu lalu yang justru melakukan nett buy US$13 miliar.

"Hal itu seiring meningkatnya risk apetite investor terhadap aset domestik, khususnya saham," kata Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah dalam rilisnya di Jakarta, Kamis 26 Agustus 2010.

Operasi moneter yang dilakukan BI mengalami net ekspansi. Hal itu disebabkan meningkatnya kebutuhan likuiditas, karena transaksi pemerintah mendorong bank mencairkan sebagian penempatan dananya di BI. "Sehingga operasi moneter mengalami net ekspansi dan posisi instrumen operasi moneter turun Rp3,6 triliun," ujarnya.

Untuk posisi SBI tercatat per 20 Agustus Rp271,52 triliun, di mana Rp57,92 triliun berasal dari asing.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Mantan Sespri Sekjen Kementerian Pertanian, Merdian Tri Hadi menyebut terdakwa Kasdi Subagyo sempat berkomunikasi dengan seseorang melalui video call.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024