H-10 Tiket Pesawat di Surabaya Ludes

Pesawat di Bandara
Sumber :
  • muhammad.firman/VIVAnews

SURABAYA POST - Pemesanan tiket pesawat meningkat tajam di 10 hari terakhir menjelang Lebaran. Bahkan untuk beberapa rute penerbangan dari dan ke Surabaya sudah habis terjual.

Maskapai yang memfokuskan diri sebagai maskapai murah low cost carrier (LCC) Citilink, misalnya, untuk penerbangan tujuan Surabaya dari tanggal 1 hingga 10 September sudah habis terjual.

”Beberapa penerbangan seperti Balikpapan dan Ujung Pandang tujuan Surabaya untuk jadwal penerbangan tanggal 1 sampai 10 September, 100 persen sudah terjual,” kata Kepala Perwakilan Citilink Surabaya, Edwin Wijaksono. Sedangkan dari tujuan lain seperti Batam dan Jakarta ke Surabaya, kursi sudah terisi sekitar 90 persen.

Sebaliknya untuk penerbangan outbound, dari Surabaya ke luar daerah untuk penerbangan setelah Lebaran juga sudah banyak terjual. ”Kalau untuk yang arus balik dari Surabaya penuh untuk penerbangan mulai tanggal 15 dengan tujuan-tujuan yang sama,” tambahnya. 

Dikatakan Edwin, untuk menampung lonjakan penumpang tersebut, Citilink memang telah menyiapkan tambahan jadwal penerbangan. Sesuai dengan permintaan, beberapa rute yang sudah disiapkan untuk ditambahkan jadwal penerbangannya di antaranya Balikpapan, Jakarta, dan Batam.

Tujuan Balikpapan yang biasanya dijadwalkan dua kali dalam satu hari bertambah menjadi tiga kali sehari. Sedangkan Surabaya-Jakarta bertambah dari empat kali dalam sehari menjadi 5 kali dan Surabaya Batam menjadi dua kali penerbangan dalam sehari dari biasanya 1 kali satu hari.

Citilink menggunakan pesawat Boeing seri 737-300 untuk tujuan Jakarta dan 737-400 untuk tujuan Balikpapan dan Batam. Boeing seri 737-300 berkapasitas 148 penumpang, sedangkan 737-400 berkapasitas 170 penumpang.

Pemesanan tiket di maskapai Merpati masih didominasi untuk penerbangan tujuan Denpasar. Hingga hari ini penerbangan rute Surabaya-Denpasar untuk keberangkatan tanggal 8, 9 dan 10 September sudah penuh.

Religion Ministry Issues 75 thousand Visas for Indonesian Hajj Pilgrims

”Untuk Denpasar kami menggunakan pesawat Boeing berkapasitas 134 dan 117 penumpang. Dalam sehari dijadwalkan dua kali penerbangan,” kata Sales Manager Merpati Nusantara Airlines Regional Surabaya, Hari Purboyono.

Sedangkan untuk tambahan penerbangan, Merpati hanya menjadwalkan penerbangan ke Sampit dari semula 4 kali penerbangan menjadi enam kali penerbangan dalam satu minggu. Tambahan penerbangan dijadwalkan tanggal 5 dan 8 September.

Untuk pemesanan tiket dari Surabaya ke Sampit saat ini memang belum menunjukkan peningkatan. Baru sekitar 50%. Tapi dari Sampit ke Surabaya, penerbangan untuk tanggal 6-9 September sudah terisi penuh. Hari mengatakan, biasanya penerbangan dari Surabaya baru akan meningkat setelah Lebaran.

Untuk rute lain, Hari mengatakan saat Lebaran memang ada lonjakan penumpang tapi maskapai tidak sampai mengeluarkan tambahan jadwal penerbangan.

Di Merpati sendiri, rute lain yang juga tinggi jumlah penumpangnya di antaranya Papua, Jakarta dan Bandung. Dari yang rata-rata load factor 50-75%, setelah Lebaran arus balik bisa mencapai minimal 80%.

Tayang Perdana Hari Ini 28 Maret 2024, Film "Keluar Main 1994" Siap Hibur Penonton
Timnas Indonesia

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

 Media asing asal Prancis, Lucarne-opposee memberi julukan khusus bagi Timnas Indonesia usai tampil gemilang di Piala Asia U23.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024