Mentan: Pedagang Mainkan Harga Beras

Beras Bulog
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mendapat laporan harga beras dan daging masih tinggi beberapa hari ini. Rata-rata tertinggi untuk beras premium Rp8.000 per kilogram dan paling murah Rp6.500.
 
Pemerintah menduga kenaikan harga beras belakangan ini terjadi karena permainan pedagang. Pasalnya kalau ditilik dari jumlah pasokan, stok beras di pasar induk sangat mencukupi.
 
Menteri Pertanian Suswono mengatakan, Perum Bulog memiliki stok beras 1,4 juta ton. "Sesungguhnya dari sisi produksi sampai akhir tahun masih akan surplus 5,6 juta ton," kata Suswono di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa 31 Agustus 2010.

Dugaan kuat permainan pedagang muncul, karena harga beras meningkat terus. Ini menjadi semacam 'testing' pedagang, karena menganggap stok Bulog kecil. "Jadi pedagang ini berani untuk memainkan harga," kata Suswono.
 
Memang angka 1,4 juta ton dari sisi jumlah cukup besar. Tapi pada saat ini, Bulog tidak bisa menyerap harga beras lagi. "Karena pedagang besar yang sudah menyerap gabah dari petani berani memainkan harga," kata dia.
 
Menurut Suswono, ketidakmampuan Bulog menyerap beras karena harga beras sudah di atas harga pokok pembelian. "Karena sebenarnya Bulog idealnya menyerap saat Februari-Maret di mana saat panen raya harga beras di bawah HPP," katanya.
 
Namun demikian, pemerintah masih mempelajari harga beras yang tetap tinggi itu. "Tapi kalau dari sisi produksi tidak masalah," kata Suswono.
 
Ia memisalkan bagaimana pada saat ini pasar induk Cipinang selalu kebanjiran stok beras dari normalnya 2000 ton per hari kini menerima pasokan 3000 ton per hari dan bahkan ada yang pernah 4000 ton per hari.
 
"Jadi tidak ada masalah sisi produksinya meski memang betul ada beberapa yang kena puso," ujar Suswono.
 
Suswono juga menyodorkan data angka ramalan II yang disampaikan BPS bahwa produksi gabah nasional mengalami kenaikan 1,17 persen dibanding sebelumnya. "Artinya menurut BPS produksi kita meningkat," kata dia.
 
Bahkan dibeberapa tempat saat sekarang sedang panen raya misalnya di Sulawesi Selatan. "Jadi dari sisi laporan daerah semua relatif aman," katanya. (hs)

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya
Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango

Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK, Nawawi: Itu Sepenuhnya Sikap Nurul Ghufron

Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango buka suara soal laporan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron ke Dewas KPK. Ia menyebut terkait laporan Ghufron kepada Albertina Ho di Dewas

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024