Perusahaan Publik Nonlisted Pertamina Ditunda

Mobil tangki minyak pertamina
Sumber :
  • photobucket.com

VIVAnews - Rencana PT Pertamina (Persero) menjadi perusahaan publik
yang tidak mencatatkan sahamnya di bursa (public nonlisted company/PNL) ternyata tidak berjalan mulus. Aturan hukum yang menaungi rencana itu hingga kini belum ditemukan.

"Rencana Pertamina sebagai public nonlisted company ditunda," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa 31 Agustus 2010.

Menurut dia, pembahasan mengenai bentuk public nonlisted company Pertamina itu akan dilakukan lagi tahun depan. "Saya melihat urgensi protokol pasar modal masih positif dan diperlukan Pertamina," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu, mengatakan, sebelum aturan hukum mengenai PNL terbit, rencana itu belum bisa dilaksanakan.

Said menjelaskan, pemerintah saat ini masih mencari ketentuan hukum yang tepat untuk mengatur masalah PNL itu. Salah satu kriteria yang belum cocok adalah soal aset.

"Dulu aset dipakai sebagai batasan aturan. Tapi, setelah ditelusuri ternyata tidak semua BUMN bisa menjadi PNL," ujar Said yang menyatakan aturan PNL akan dikeluarkan dalam bentuk peraturan pemerintah.

Kementerian memandang pelaksanaan PNL idealnya setelah pemerintah melakukan penyederhanaan jumlah BUMN. Dengan demikian, akan diketahui secara pasti jumlah dan nilai aset BUMN.

Meski rencana PNL masih sulit dilaksanakan, Kementerian BUMN akan terus mendorong perusahaan pelat merah untuk lebih transparan layaknya perusahaan publik. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak BUMN yang menerbitkan obligasi.

"Secara tidak lansung mereka terkena aturan pasar modal sehingga laporan keuangan pun harus dipublikasikan," katanya.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks
Zodiak Leo

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ramalan zodiak Jumat, 26 April 2024. Taurus, waspadai rekan kerja. Leo mendapat tekanan mental. Urusan percintaan Libra bermasalah. Sagitarius mendapat kejutan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024