BI: Inflasi Tahun Ini di Atas Target

Darmin Nasution Ikuti Uji Kelayakan Cagub Bank Indonesia
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Bank Indonesia memperkirakan inflasi tahun ini akan melebihi 6 persen. Angka ini lebih tinggi dari target BI sebesar 5 persen plus minus satu dan jauh melampaui target pemerintah 5,3 persen.

Menurut Pjs Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, untuk Agustus saja, BI memperkirakan inflasi mencapai hampir 1 persen. Inflasi Juli mencapai 1,57 persen.

Menurut dia, penurunan harga bahan pokok seperti cabai tidak kuat menopang kenaikan harga beras. "Harga beras lebih kuat kenaikannya, sehingga walhasil inflasi juga," kata dia di Jakarta, Selasa 31 Agustus 2010.

Sedangkan untuk inflasi tahun depan, Indonesia akan menghadapi tekanan inflasi dari berbagai sumber. Inflasi akan meningkat sejalan dengan meningkatnya perekonomian domestik. Selain itu inflasi juga dipengaruhi kenaikan harga pangan global. Potensi lainnya adalah harga pangan meningkat akibat anomali iklim.

BI memandang inflasi 5,3 persen yang dipatok pemerintah pada 2011 merupakan level yang optimis. Pemerintah perlu langkah-langkah antisipatif untuk menjaga target inflasi. (sj)

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024