Lebaran, Bayar Listrik Boleh Mundur

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

SURABAYA POST - Karena adanya cuti bersama Hari Raya Lebaran yang berlangsung mulai 9 hingga 13 September, PLN Distribusi Jatim memperpanjang masa pembayaran rekening listrik untuk bulan September hingga tanggal 15.

"Tagihan Agustus yang seharusnya paling lambat dibayarkan 10 September, karena tanggal tersebut masih Idul Fitri, maka pembayaran dimundurkan sampai 15 September," kata Corporate Speaker PLN Distribusi Jatim, Agus Widayanto, Rabu 1 September 2010.

Agus mengingatkan kepada pelanggan agar tetap menyisihkan sebagian uang mereka untuk pembayaran tagihan tersebut, karena biasanya banyak yang lupa. Secara umum, kata Agus, konsumsi listrik masyarakat selama Lebaran akan mengalami penurunan.

"Tutupnya pabrik dan perkantoran menyebabkan konsumsi listrik turun hingga 33% dibandingkan hari normal. Selama libur Lebaran, konsumsi listrik hanya dipergunakan untuk kebutuhan rumah tangga," katanya.

Sehari-hari, lanjut Agus, beban puncak di area Jatim mencapai 3.500 Mega Watt (MW). Dengan penurunan sebesar 33% diperkirakan beban puncak saat Lebaran menjadi 2.435 MW.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

"Peningkatan konsumsi listrik terjadi hanya saat puasa sebesar 2 persen karena aktivitas rumah tangga biasanya bertambah. Misalnya saja untuk persiapan masak sahur atau membuat kue Lebaran," tambah Agus.

Meski mengalami kenaikan konsumsi sebesar 2% dan beban puncak menjadi 3600 MW, PLN Distribusi Jatim menjanjikan tidak ada masalah. Saat ini cadangan pembangkit di Jawa-Bali masih berkisar 1000-2000 MW. Karena itu PLN menjanjikan tidak akan ada pemadaman terjadwal selama puasa dan Lebaran. 

Terkait hal tersebut, PLN telah menyiapkan unit pelayanan terpadu. Ada sekitar 102 UPJ dan 16 APJ yang tetap buka dan melayani pelanggan. Selain itu, PLN juga telah menurunkan sekitar 200 personil di seluruh Jatim untuk optimalisasi pelayanan lebaran.

Agus mengingatkan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seluruh pelanggan yang akan mudik diminta mematikan seluruh saluran listrik yang ada. "Jangan sampai lupa dan tidak mematikannya. Karena seringkali hal tersebut memicu terjadinya korsleting dan memicu terjadinya kebakaran," pesannya.

Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024