BNI: Darmin Jangan Kapok Urusi Suku Bunga

Dirut BNI Gatot M Soewondo.
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Kalangan perbankan dan menteri bidang keuangan menyambut baik Darmin Nasution yang sudah resmi diangkat sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Sosok Darmin dianggap mumpuni karena menguasai bidang moneter dan fiskal.

"Harapan saya Pak Darmin jangan kapok mengurusi interest rate (suku bunga)," kata Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk, Gatot M Suwondo, usai pelantikan Darmin sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu 1 September 2010.

Menurut Gatot, industri perbankan umumnya menyambut baik sosok Darmin sebagai gubernur BI. Bahkan, dirinya optimistis dengan kemampuan Darmin dalam mengelola industri perbankan nasional.

Gatot berharap, kepemimpinan Darmin ke depan bisa memberikan perhatian pada masalah permodalan dan perbankan ke depan. "Kalau interest rate itu market mechanism," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk, Zulkifli Zaini, menyatakan resminya Darmin sebagai Gubernur BI positif bagi bank sentral di Tanah Air. Sebab, hampir 1,5 tahun kursi pimpinan tertinggi BI tersebut kosong.

"Dari sisi organisasi memang posisi gubernur BI yang selama ini kosong sudah menjadi kebutuhan untuk diisi," kata Zulkifli.

Lengkapnya organisasi, dia melanjutkan, diharapkan bisa membuat berbagai keputusan strategis di BI bisa dilakukan dengan cepat. Selain itu, sosok Darmin yang menguasai bidang moneter dan fiskal akan membuat keserasian antara kebijakan moneter dan fiskal meningkat serta lebih baik lagi di masa mendatang

Sementara itu, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan hubungan dan komunikasi antara pemerintah dan BI ke depan akan tetap berjalan dan menjadi lebih baik. (art)

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024