Kolak Ayam Menu Berbuka Desa Gumeno

proses pembuatan bubur samin
Sumber :
  • Fajar Sodiq (VIVAnews)

SURABAYA POST - Memasuki malam likuran Ramadan merupakan hari istimewa bagi warga Desa Gumeno Kec. Manyar Kab Gresik. Di hari ke-22 Ramadan yang jatuh, Rabu, 1 September 2010 ini warga desa itu pesta kolak ayam.

Uniknya yang masak resep warisan Sunan Drajat ini adalah para laki-laki. Tua muda berkumpul di masjid desa kompak memasak kolak ayam. Menurut masyarakat memang syarat yang memasak kolak ayam haruslah lelaki, mulai dari yang menyediakan bahan hingga juru masaknya semua harus lelaki.

Namun warga wanita tidak serta-merta diam di rumah, mereka diberi jatah memarut kelapa di rumahnya masing-masing.

Meski namanya kolak tapi jangan dibayangkan seperti kolak pisang, labu dan ketela. Ini masakan ayak berkuah santan. Cukup rumit membuatnya, apalagi memasak dalam jumlah besar.

Karena dinikmati oleh seluruh warga Gumeno, bahkan sejumlah orang dari daerah lain seperti Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro pun datang untuk merasakan kolak ayam.

Kesibukan mempersiapkan makanan ini  mulai hari ke 21.  Sebanyak 106 ekor ayam jantan disiapkan. Satu kuintal bawang daun, empat kuintal gula merah, serta 212 biji kelapa.

Diawali pemotongan ayam usai salat Ashar kemudian dilanjutkan malam harinya  mengambil jeroan, kepala, dan kaki.

Setelah ayam bersih, daging ayam dimasak dalam beberapa kuali besar hingga lunak. Kaldu ayam disimpan dalam tempat terpisah. Kemudian daging ayam disuwir-suwir.

“Pekerjaannya memang susah dan membutuhkan ketelatenan, apalagi kalau dikerjakan oleh beberapa orang saja, membutuhkan waktu cukup lama. Tapi semua ini terasa enteng, karena seluruh warga di sini tidak ada yang iri-irian, melakukan pekerjaannya sesuai dengan yang dibagikan,” kata Nadzir (56) warga desa setempat sambil sibuk menakar ayam di setiap piring yang telah ditata rapi di teras masjid.

Sedangkan di hari H, warga membuat adonan gula merah. Gula dimasak dalam beberapa kuali besar, kemudian hasilnya disaring. Lalu parutan kelapa diperas tiga kali untuk diambil santannya yang dicampur dengan gula merah.  Sejumlah lelaki mondar-mandir memasukan santan ke dalam adonan.

Sementara para juru masak lainnya menyiapkan bawang daun. Bawang daun yang digunakan adalah bawang daun khusus yang baunya memang menyengat. Bawang daun itu kemudian dipisah-pisah pada bagian pangkalnya lalu dipotong-potong dengan panjang sekitar tiga centimeter.

Awalnya, tambah dia warga setempat memasak kolak ayam hanya untuk menjalankan tradisi yang diwariskan Sunan Dalem, tapi setelah dicermati ternyata lebih dari itu. Sunan Dalem mewariskan tradisi kerukunan yang tersirat dalam tradisi kolak ayam ini.

“Kolak ayam ini disantap untuk menu buka puasa, semua warga Gumeno berkumpul di masjid untuk buka bersama, di sini tidak ada yang kaya dan miskin, semuanya duduk bersama menyantap satu makanan yang sama. Tetapi, bagi warga yang berhalangan, kolak ayam dikirim ke rumahnya masing-masing. Selain itu, masyarakat juga meyakini kolak ayam bisa menyembuhkan segala penyakit,” jelas Nadzir.

Menurut penuturan, tradisi pembuatan kolak ayam bermula saat Sunan Dalem putra kedua Sunan Giri membangun masjid jamik pusat dakwah di Desa Gumeno.

Suatu ketika Sunan Dalem sakit. Tidak satu pun jenis obat yang mampu menyembuhkan. Hingga suatu hari di malam dua puluh tiga Ramadan, Sunan Dalem saat salat mendapat ilham masak kolak ayam ini.

Sunan Dalem meminta kepada para santrinya untuk menyiapkan ayam jago dipotong dan dimasak ke masjid menjadi kolak ayam. Setelah menyantap, Sunan Dalem berangsur sembuh.

Sejak itulah sebagai ungkapan syukur atas sembuhnya Sunan Dalem, penduduk Desa Gumeno membuat kolak ayam setiap malam 23 Ramadan dan dijadikan menu santap berbuka puasa.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Acara turun temurun  memasak kolak ayam tahun ini merupakan peringatan ke-559 tahun.

“Karena itu dipercaya hingga sekarang, kolak ayam dapat menyembuhkan segala penyakit,” kata Nadzir.

Kendati demikian warga setempat menolak dikatakan tradisi tersebut sebagai salah bentuk syirik, tradisi ini mereka jaga hanya untuk melestarikan tradisi peninggalan Sunan Dalem dan meningkatkan kerukunan di antara warga.

Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Inter Milan memastikan Scudetto Serie A musim 2023/2 usai menekuk rival sekota AC Milan 2-1. Prestasi itu membuat Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024