Lindungi Mata dari Paparan Matahari

Jessica Simpson
Sumber :
  • www.jessicasimpsoncollection.com

VIVAnews - Kacamata surya atau sunglasses kini sudah menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki. Fungsinya tak sekadar sebagai pelindung mata dari paparan matahari, tapi juga sebagai aksesori fashion.

Namun, memilih kacamata surya sebaiknya jangan hanya berpatokan pada model yang sedang tren, Anda juga perlu mencermati tingkat proteksinya terhadap radiasi matahari. Sebab, ultraviolet (UV) radiasi dari matahari selain bisa merusak kulit, juga bisa mengganggu kesehatan mata. Paparan sinar UV berkontribusi terhadap perkembangan katarak jenis tertentu.

Karena itu, Anda perlu melindungi mata dengan memakai kacamata surya yang bisa menghalangi paparan UV hingga 99-100 persen.

Namun, tidak semua kacamata surya bisa menghalangi sinar UV. Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, "Melindungi mata dengan kacamata surya akan lebih baik, daripada tidak memakai sama sekali. Namun, Anda juga perlu selektif memilih kacamata surya yang efektif melindungi mata dari paparan sinar matahari,” katanya seperti dikutip dari laman Times of India.

Meskipun kacamata surya kini lebih banyak dicari untuk mempercantik penampilan, namun kualitas kacamata juga harus Anda perhatikan. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memilih kacamata surya tepat sebagai pelindung mata:

Pilih kacamata dengan perlindungan UV ekstra
Jangan tertipu oleh warna atau harga. Kemampuan untuk memblokir sinar UV tidak tergantung pada kegelapan lensa atau label harga. Selalu memilih kacamata hitam yang diberi label mampu memblokir 99-100 persen sinar UV. Beberapa produsen mencantumkan label yang menunujukkan produknya mampu menyerap sinar UV.

Selektif memilih bentuk
Bingkai atau frame kacamata juga menawarkan perlindungan tambahan. Kacamata surya dengan bingkai rapat di sisi kanan dan kirinya juga bisa melindungi masuknya sinar matahari dari beberapa celah. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa sinar UV bisa masuk di sekitar bingkai dan bisa berpengaruh mengurangi manfaat perlindungan dari lensa.

Jangan sembarang membeli
Agar tidak terkecoh dengan lensa kacamata surya palsu, sebaiknya membeli toko kacamata ternama, jangan di gerai kacamata pinggir jalan. Selain itu, jangan tertipu dengan harga. Terlepas dari harga tinggi, periksa semua kualitas dari kacamata yang akan Anda beli

Periksa kualitas lensa
Carilah warna seragam, tidak lebih gelap di satu bidang dengan bidang lainnya. Jangan sampai lensa kacamata mengalami kerusakan. Dan ingat, lensa kontak juga bisa menyerap UV namun tidak bisa digunakan sebagai pengganti kacamata surya.

Fakta di Balik Kasus Viral Pernikahan Sesama Jenis di Cianjur yang Berakhir Damai
ilustrasi sholat/salat/shalat

No Place to Pray for Muslim Workers in This Italian City

Hundreds of Muslim men performed Friday prayers in the northeastern Italian town of Monfalcone. They knelt in a concrete parking lot with their heads bowed to the ground.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024