Menteri Perdagangan: Indomie Aman Dikonsumsi

Ilustrasi iklan Indomie di Hong Kong
Sumber :
  • YouTube

VIVAnews - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan produk mi instan merek Indomie yang dipasarkan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di luar dan dalam negeri aman dikonsumsi.

Menurut dia, Taiwan maupun Indonesia memiliki standar yang berbeda untuk produk pangan terutama kecap pada mi instan tersebut.

"Masalahnya adalah standar yang berbeda. Standar itu diakui secara internasional dan dua-duanya aman untuk konsumen," kata Mari di sela pembukaan Trade Expo 2010 di Kemayoran, Jakarta, Rabu 13 Oktober 2010.

Menurut Mendag, produk Indomie yang ditujukan untuk pasar Taiwan sudah memenuhi standar di negara itu. Namun, kemudian ditemukan produk Indomie yang sebetulnya bukan ditujukan untuk pasar Taiwan. "Jadi sebetulnya itu yang terjadi," ujarnya.

Pihak Indonesia telah menghubungi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) setempat melalui Kantor Dagang Ekonomi Indonesia di Taiwan yang dikoordinasi oleh Kementerian Perdagangan.

"Kami telah berkomunikasi dengan Badan POM di Taiwan supaya mereka melakukan klarifikasi. Sebetulnya sampai saat ini Badan POM Taiwan itu belum memberikan statement apa-apa," kata Mari.

Namun, dia menambahkan, media di Taiwan justru membahas masalah penarikan Indomie tersebut. "Yang kami hindari adalah persepsi mengenai produk lndomie yang tidak aman dikonsumsi oleh masyarakat. Padahal itu tidak benar," tuturnya.

Untuk itu, Kementerian Perdagangan meminta Badan POM di Taiwan guna mengklarifikasi masalah tersebut. Pihak Taiwan pun, menurut Mari, menanggapi positif dan Kementerian Perdagangan sedang menunggu apa yang akan mereka sampaikan.

Mengenai produk Indomie yang bukan diperuntukkan bagi pasar Taiwan dan lolos di negara itu, menurut Mari, Kementerian Perdagangan akan menyelidikinya.

Bahkan, manajemen PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk menyampaikan bahwa untuk produk mereka di pasar Taiwan sudah memenuhi standar yang berbeda itu. "Dan ini bisa terlihat dari logo Badan POM yang tertera di kemasan," tuturnya.

Kementerian Perdagangan pun, Mari menjelaskan, akan berkomunikasi dengan negara lain yang juga menjadi pasar utama produk Indomie. Kementerian akan menjelaskan masalah yang terjadi, karena intinya hanya terkait pada standar yang berbeda.

Saat ini, menurut Mari, pemerintah sedang melakukan pencegahan agar penarikan Indomie di Taiwan tersebut tidak menyebar ke produk-produk Indonesia lainnya. Pemerintah Indonesia, Kementerian Perdagangan, dan Badan POM berkomitmen bahwa produk Indonesia yang di pasarkan ke luar negeri adalah produk yang aman dan memenuhi standar internasional. (hs)

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno
Epy Kusnandar di Jumpa Pers Teater

Epy Kusnandar Pemeran Kang Mus Preman Pensiun, Ditangkap Polisi Karena Kasus Narkoba

Polres Metro Jakarta Barat telah berhasil menangkap aktor senior pemain sinetron Preman Pensiun, Epy Kusnandar, yang akrab disapa Kang Mus berinisial EK karena narkoba.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024