Emirat Arab Incar Geothermal Indonesia

Pembangkit listrik dari energi terbarukan, panas bumi.
Sumber :
  • bp.blogspot.com

VIVAnews -- Persatuan Emirat Arab (PEA) menyatakan akan meningkatkan investasi di Indonesia pada berbagai bidang.
Prioritas utama mereka adalah pada bidang energi terbarukan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri PEA, Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan, pada konferensi pers usai pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, di gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Selasa, 19 Oktober 2010.

Nahyan mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dalam pengadaan energi panas bumi atau geothermal. “Indonesia adalah salah satu penyalur geothermal terbesar di dunia dan salah satu pemilik pasokan geothermal yang terbesar,” ujar Nahyan.

Nahyan mengatakan bahwa energi terbarukan adalah sektor utama yang menjadi perhatian penuh di Negara Emirat Arab untuk mengantisipasi menurunnya angka persediaan minyak bumi.

Selain energi terbarukan, Emirat Arab akan menanamkan investasi pada beberapa sektor diantaranya adalah sektor infrastruktur, pertanian dan pariwisata.

Menlu Natalegawa mengatakan bahwa sektor perdagangan merupakan sektor kerja sama utama antara kedua negara yang memberikan keuntungan yang cukup besar.  Pada tahun 2009, perdagangan dengan PEA menghasilkan keuntungan sebesar US$1,5 miliar.

Pada pertemuan tersebut, kedua Menlu juga menandatangani dua buah perjanjian, di antaranya adalah persetujuan bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik, dinas, dan khusus.

Juga ditandatangani nota kesepahaman komite bersama antara pemerintah Indonesia dan PEA.

“Komisi bersama antara Indonesia dan PEA akan mengadakan pertemuan setiap dua tahun sekali untuk mengevaluasi kerja sama hubungan kedua negara,” ujar Menlu Natalegawa.

Bejat! Ayah Setubuhi Anak Kandung Selama 5 Tahun, Korban 2 Kali Melahirkan
MRT Jakarta

Langkah MRT Jakarta Atasi Sistem Pembayaran yang Buat Antrean Panjang

PT MRT Jakarta (Perseroda) mengungkapkan, akan mengintegrasikan pembayaran dengan menggunakan kartu uang elektronik melalui penyatuan mesin pembaca (reader).

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024