Langsing Belum Tentu Bebas Penyakit

Diet
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Memiliki tubuh langsung adalah dambaan banyak wanita. Tak hanya menunjang penampilan, mereka juga menganggap bertubuh ramping juga bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit yang biasa menyerang wanita gemuk.

Namun, tubuh langsing yang Anda miliki tak selamanya bisa bikin Anda terbebas dari penyakit. Sebab, mungkin saja di balik tubuh ramping, Anda masih menyimpan lemak tinggi yang berbahaya.

Berdasarkan penelitian dari British Medical Research Council, menggunakan scanner tubuh yang dimiliki dokter MRI menunjukkan, mereka dengan tubuh langsing bisa memiliki tingkat pengumpulan lemak internal di beberapa bagian tubuh seperti, hati, jantung, ginjal dan pankreas. Hal ini tentu saja juga bisa membahayakan kesehatan.

"Lemak, yang biasa terdapat dalam tubuh orang gemuk adalah lemak subkutan," kata Dr Ron McCoy, pakar kesehatan dari Melbourne. Namun, lemak yang lebih berbahaya justru adalah lemak yang tidak bisa kita lihat (lemak visceral) tetapi mengelilingi organ vital. Lemak inilah yang banyak terdapat dalam tubuh yang langsing. 

Seperti dikutip dari laman Times of India, McCoy mengatakan, "Lemak visceral adalah lemak yang bisa diproses oleh hati, yang berubah menjadi kolesterol. Kolesterol beredar dalam darah dan dapat tertimbun dalam arteri Anda, membuat penyakit jantung dan tekanan darah tinggi."

Lemak visceral juga diyakini menghasilkan hormon lebih, dan protein daripada lemak subkutan, yang memengaruhi kadar glukosa dan menyebabkan terjadinya diabetes tipe 2 dan masalah-masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung.

Tapi pertanyaannya, jika tubuh sudah terlihat langsing, bagaimana lemak bisa menumpuk di tubuh? Kurangnya berolahraga adalah jawabannya. Sam Mower, seorang ahli fisiologi olahraga, berkata, "Jika tubuh tidak bergerak, tidak akan terjadi metabolisme lemak baik di luar atau di dalam tubuh."

Diet adalah faktor lain. "Jika Anda gemar menyantap makanan tinggi lemak jenuh, seperti mentega, keju, kue dan biskuit, itu hampir semua disimpan sebagai lemak visceral," kata Mower.

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres
Ilustrasi pasien dirawat di rumah sakit.

Ahli Ungkap 7 Tanda Sekarat hingga Sebabkan Kematian, Apa Saja?

Tanda dari kondisi sekarat umumnya bisa terlihat dari perubahan pada tubuh entah wajah, mata atau bahkan pembicaraan yang kadang dirasa aneh oleh keluarga.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024